Take a fresh look at your lifestyle.

Brasil pilih trenggiling sebagai maskot Piala Dunia 2014

0 719

Jakartakita.Com/Brasil: Tuan rumah Piala Dunia 2014 Brasil sudah memilih satwa yang terancam punah, armadillo atau trenggiling, sebagai maskotnya.

Armadillo dari jenis Tolypeutes tricinctus merupakan satwa endemik di Brasil dan terancam punah karena lingkungan alam tempat tinggalnya yang terus berkurang.

Penentuan maskot itu diumumkan oleh mantan penyerang Timnas Brazil, Ronaldo, dalam sebuah acara TV Minggu (16/09) malam.

“Maskot itu akan memainkan peran duta besar dalam waktu dua tahun mendatang,” tutur Ronaldo saat mengungkapkan maskot, seperti dikutip kantor berita Reuters.

“Saya yakin dia akan menjadi inspirasi bagi banyak kaum muda penggemar bola di Brasil dan di seluruh dunia dengan kesenangan terhadap sepak bola dan negaranya,” tambah penyerang yang memperkuat Brasil di tiga Piala Dunia itu.

Warna asli armadillo Brasil itu adalah coklat muda namun yang digunakan sebagai maskot berwarna kuning dengan mata hijau dan punggung berwarna biru.

“Maskot itu akan memainkan peran duta besar dalam waktu dua tahun mendatang.” Ronaldo

Related Posts
1 daripada 3,537

Ketiga warna itu merupakan warna yang terdapat di dalam bendera Brasil dan maskot armadillo yang mengenakan kaus putih bertuliskan Brasil 2014 memegang bola di tangannya.

Nama belum diputuskan

Namun belum ada nama yang diberikan kepada maskot tersebut dan FIFA mengatakan Brasil masih punya waktu hingga pertengahan November untuk memilih tiga nama: Amijubi, Fuleco dan Zuzeco.

Sekjen FIFA, Jerome Valcke, menyambut baik maskot untuk mencerminkan satwa yang terancam punah tersebut.

“Salah satu tujuan utama dari Piala Dunia 2014 adalah menggunakan peristiwa itu sebagai landasan untuk berkomunikasi tentang pentingnya lingkungan dan ekologi,” katanya dalam pernyataannya.

Penggunaan hewan sebagai maskot Piala Dunia sudah beberapa kali terjadi, antara lain saat Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan dengan leopard sebagai maskot yang diberi nama Zakumi.

Sebelumnya Prancis menggunakan ayam jago yang bermain sepak bola sebagai maskot untuk Piala Dunia 1998 dan Inggris pada tahun 1996 memilih singa dengan mengenakan baju bendera Inggris Raya dan diberi nama Willie Piala Dunia.

RY – Jakartakita.Com/BBCIndonesia

Tinggalkan komen