Take a fresh look at your lifestyle.

Health Talk di RS Premier Bintaro : Hand Trauma Juga Penting

0 1,069

SONY DSCJakartakita.com – Kecelakaan  pada tangan sering kali dianggap remeh, padahal fungsi tangan sebagai salah satu indera keenam sangat dibutuhkan oleh setiap manusia. Tangan tidak hanya memiliki fungsi motorik namun juga sebagai sarana untuk mengungkapkan perasaan dan respon tertentu. Setiap gangguan terhadap tangan akan berpengaruh besar terhadap aktivitas kita sehari-hari. Dan selama ini dimasyarakat, ketika terjadi cedera tangan, selalu ditangani dengan cara tradisional, karena kurangnya pengetahuan untuk penanganan lebih lanjut.

Terkait pentingnya penanganan cedera tangan tersebut, RS Premier Bintaro menyelenggarakan health talk dengan tema “Hand Trauma” pada Februari 2013 lalu di Ballroom, Annex Building RS Premier Bintaro, Tangerang. Sebagai pembicara utama hadir  Dr. dr. Lukman Shebubakar, Sp.OT sebagai narasumber yang juga berperan sebagai Konsultan Hand Surgery.

Dalam paparannya ia mengungkapkan, jaringan organ tangan sangat kompleks dan lebih ruwet dibandingkan organ-organ lain. Hal ini yang memampukan tangan untuk merasakan permukaan yang halus dan kasar, serta melakukan gerakan-gerakan yang rumit, seperti bermain piano dan sulap. Berbagai gerakan tangan merupakan hasil koordinasi dari sistem otot dan tulang yang rumit. Bagian pergelangan tangan, misalnya, ditopang oleh tulang-tulang kecil yang sistemik pergerakannya. Ia juga menyayangkan, penanganan yang sering dilakukan masyarakat, jika mengalami cedera pada tangan, karena masih menggunakan jasa tukang urut.

“Kebanyakan masyarakat Indonesia masih lebih mempercayai dukun patah tulang dibandingkan dokter Orthopedic. Hal inilah yang salah, karena dukun patah tulang tidak paham kontur tulang, dan tindakan yang dilakukan justru nantinya dapat membahayakan pasien,” ungkap dr. Lukman.

Related Posts
1 daripada 6,195

Ditambahkan, penanganan cedera pada tangan, intinya memiliki tahapan yang sama dengan cedera organ lainnya. Setelah operasi, pasien dianjurkan untuk mengikuti terapi fisik yang bertujuan untuk mengembalikan fungsi tangan seperti semula.

Terkait penanganan cedera pada tangan ini, sambungnya, di RS Premier Bintaro telah ada pelayanan Hand Trauma. Pelayanan ini, katanya, merupakan salah satu pelayanan unggulan di RS Premier Bintaro.

Sebagai informasi, sejak 1998, RS Premier Bintaro memang telah diakui keahliannya di bidang pelayanan Ortopedi. Di rumah sakit ini, masalah Ortopedi ditangani secara menyeluruh dengan dukungan para dokter spesialis ortopedi dari berbagai subspesialisasi mulai dari Spine Surgery, Hip & Knee Surgery hingga Sport Orthopaedic Surgery.

Di ujung seminar, dokter juga menyarankan kepada masyarakat untuk menghindari cedera yang lebih serius, khususnya bagi para penggemar olahraga ekstrem, bela diri, karyawan pabrik dan pekerja keras, yang terlibat dengan perangkat keras. Untuk yang berusia 45 tahun ke atas, lanjutnya, dan yang memiliki kerapuhan pada tulang, juga harus lebih berhati-hati karena lebih rentan cidera. Oleh karena itu, menurutnya, sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang dengan mengkonsumsi vitamin, suplemen dan makanan sehat.

“Cedera tangan juga bisa disebabkan karena penggunaan ponsel, karena jari-jari digunakan terlalu sering untuk menekan tombol,” pungkasnya.

Tinggalkan komen