Take a fresh look at your lifestyle.

20 Maret, Supermoon dan Gerhana Matahari Total Muncul Bareng

0 1,040
foto: earthsky
foto: earthsky

Jakartakita.com – Kabar gembira bagi Anda penggemar astronomi. Pasanya pada tanggal 20 Maret 2015 nanti, bumi bakal disuguhi dua peristiwa astronomi langka yaitu supermoon dan juga gerhana matahari total dalam satu hari.

Menariknya, kedua fenomena ini yang bakal saling terhubung ini bakal jatuh di momen equinox matahari yang mana matahari bakal berada tepat di titik ekuator sehingga waktu siang dan malam akan tepat sama 12 jam.

Related Posts
1 daripada 3,301

Seperti dilansir dari Earthsky (3/3/2015), supermoon, dimana posisi bulan akan berada lebih dekat dengan bumi. Posisi bulan ini akan tepat melewati titik edar matahari hingga mengakibatkan peristiwa gerhana matahari total.

Peristiwa astronomi ini tergolong langka. Karena setelah 20 Maret mendatang, gerhana matahari yang berbarengan dengan supermoon ini baru akan terjadi kembali pada 20 Maret 2034 mendatang. Selain itu, dalam satu abad ini peristiwa serupa akan terjadi di 2053 dan 2072 mendatang.

Sayangnya, peristiwa langka ini hanya bisa diamati dari ujung selatan Greenland hingga Islandia serta Inggris. Sedangkan masyarakat di Indonesia tak akan bisa menyaksikan peristiwa gerhana matahari langka ini secara langsung.

Tinggalkan komen