Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

Sembuhkan Parkinson, Hanya Dengan Obat dan Operasi

0 826

Tiket Pesawat Murah Airy

parkinson
foto ; istimewa

Jakartakita.com – Ahli kesehatan mengungkapkan, hingga kini tak ada diet khusus yang dapat membantu menyembuhkan penyakit parkinson. Konsumsi makanan dengan protein tinggi, misalnya, justru akan menghambat penyerapan levodopa (obat yang berfungsi meningkatkan dopamin di otak).

“Tidak ada nutrisi spesifik yang membantu menghilangkan penyakit. Kafein, antioksidan dan faktor diet kini masih dalam percobaan klinis,” ujar dokter spesialis saraf, stroke, neurosonologi dan gangguan gerak (parkinson), Dr. Frandy Susatia, SpS, di Jakarta, Rabu (18/3/2015).

Artikel Terkait
1 daripada 14

Menurut Frandy, saat ini terapi yang masih disarankan bagi penderita parkinson ialah obat dan operasi.

Untuk obat, penderita umumnya diberikan levodopa (mengandung dopamin). Obat ini dapat memperbaiki gejala motorik dan membantu pasien bergerak lebih mudah.

“Hanya saja, terapi obat hanya disarankan hingga lima tahun pertama. Pemakaian waktu lama, yakni lebih 10 tahun, akan membuat pasien mengalami kelebihan gerakan misalnya tangan meliuk-liuk, mulut mengunyah-mengunyah sendiri,” jelas dia.

Ditambahkan, salah satu teknologi tercanggih untuk menangani penyakit ini adalah operasi stimulasi otak dalam atau deep brain stimulation (dbs). Pada operasi itu pasien hanya diberikan anastesi lokal dan dibiarkan dalam keadaan sadar.

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Open chat
1
Hello can we help you?