Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Gol ke-400 Messi Warnai Kemenangan Barcelona Atas Valencia

144
foto: getty images
foto: getty images

Jakartakita.com – Gol ke-400 Lionel Messi untuk Barcelona mewarnai kemenangan 2-0 Barcelona atas tamunya Valencia dalam pertandingan La Liga yang berlangsung di Camp Nou, Sabtu (18/4/2015) malam. Messi mencetak gol istimewa tersebut beberapa saat sebelum pertandingan berakhir, setelah menyambar bola hasil tendangannya sendiri yang sempat diblok kiper Valencia, Diego Alves.

Gol tersebut menggandakan keunggulan “Blaugrana” lewat gol Luis Suarez yang dicetak menit pertama, setelah penyerang asal Uruguay tersebut menyelesaikan umpan Messi memanfaatkan serangan balik cepat.

Gol ke-400 Messi juga merupakan gol ke-278 yang dicetaknya untuk Barcelona di La Liga. Sedangkan sebanyak 75 gol ditorehkan di ajang Liga Champions, 32 di Copa Del Rey, 10 di Piala Super Spanyol, empat di turnamen Club World Cup, dan sebiji gol di UEFA Super Cup.

Messi telah menjadi pencetak gol terbanyak Barcelona sejak Maret tahun lalu, saat ia melewati rekor 369 gol Paulino Alcantara untuk Barcelona yang dihasilkan antara 1912 dan 1927.

Selain karena mencetak gol istimewa, pelatih Barcelona Luis Enrique memberi pujian khusus untuk Messi karena tetap mau membantu Barcelona saat bertahan. “Messi dan para pemain depan lainnya menunjukkan kesolidan tim. Mereka memberikan apa yang kami minta, yaitu membantu tim saat bertahan,” kata Enrique dalam konferensi pers setelah pertandingan.

Messi yang meraih penghargaan Ballon d’Or sebanyak empat kali juga memegang rekor pencetak gol terbanyak dalam satu musim La Liga, yaitu 50 gol pada musim 2011-2012. Pemain asal Argentina ini pun merupakan pemegang rekor gol di kancah kejuaraan antar klub Eropa bersama pemain Real Madrid, Cristiano Ronaldo, sama-sama telah mencetak 75 gol. Messi dan Ronaldo juga pesepakbola yang terbanyak mencetak hattrick di La Liga, sebanyak 24 kali.

Dalam pertandingan di Camp Nou, Barcelona unggul cepat berkat gol Suarez di menit pertama. Sergio Busquets memberikan umpan pada Messi, lalu bola oleh pemain bernomor punggun 10 ini didribel mendekati gawang Valencia. Sedikit di luar kotak penalti, Messi mengoper bola pada Suarez yang belari di kanannya. Bola kemudian tidak disia-siakan Suarez untuk diceploskan ke gawang tim tamu lewat tendangan datar yang keras. Ini adalah gol ke-12 Suarez dalam 12 pertandingan terakhirnya bersama Barcelona.

Valencia kemudian mendominasi jalannya babak pertama, dan hampir menyamakan kedudukan lewat penalti Dani Parejo pada menit ke-10. Sayang, tendangan 12 pas Parejo masih bisa diselamatkan kiper Barcelona, Claudio Bravo. Setelah itu striker Valencia, Paco Alcacer, menciptakan beberapa peluang gol, namun tak ada yang membuahkan hasil.

Barcelona menggandakan keunggulan beberapa saat sebelum peluit panjang dibunyikan lewat gol Messi, hingga kedudukan akhir menjadi 2-0. Tambahan tiga angka membawa Barcelona yang berada di puncak klasemen La Liga kini mengumpulkan 78 poin. Valencia di peringkat empat dengan 65 poin

 

Susunan Pemain

Barcelona

13 Claudio Bravo ; 3 Gerard Piqué, 21 Adriano (4 Ivan Rakitic 45’), 22 Dani Alves, 24 Jérémy Mathieu ; 5 Sergio Busquets, 6 Xavi (20 Sergi Roberto 80’), 14 Javier Mascherano ; 9 Luis Suárez (7 Pedro 65’), 10 Lionel Messi, 11 Neymar

Valencia

1 Diego Alves ; 5 Shkodran Mustafi, 6 Lucas Orban (31 José Gayá 45’), 19 Antonio Barragan, 23 Nicolás Otamendi ; 10 Daniel Parejo, 18 Javi Fuego, 21 André Gomes ; 8 Sofiane Feghouli (2 João Cancelo 67’), 9 Paco Alcacer (7 Álvaro Negredo 74’), 17 Rodrigo

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: