Take a fresh look at your lifestyle.

AEON Mall BSD City Tanam 10,000 Pohon Untuk Melestarikan Lingkungan Hidup

0 1,254
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – AEON Mall, pengembang dan operator pusat perbelanjaan terbesar di Jepang menyelenggarakan festival penanaman pohon bersama (Tree Planting Ceremony) di kawasan AEON Mall BSD City, Serpong, Tangerang pada Minggu (19/4/2015).

Acara ini melibatkan komunitas lokal dan diikuti oleh 1.200 orang peserta. Acara ini dihadiri pula oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar, Minister of the Embassy of Japan in Indonesia, Yoshiko Kijima, Gubernur Propinsi Banten, Rano Karno serta President and CEO AEON Retail Co. Ltd, Soichi Okazaki.

Lewat acara ini, AEON Enviromental Foundation menanam sebanyak 10 ribu pohon yang terdiri dari 22 spesies tanaman asli Indonesia, mulai dari Rambutan, Mangga, Melinjo hingga Saga, di area seluas 3,000 m². Festival penanaman pohon bersama ini merupakan tradisi pendahuluan sebelum pembukaan (grand opening) AEON Mall BSD City, mall bernuansa Jepang pertama di Indonesia yang akan resmi dibuka pada Sabtu, 30 Mei 2015 mendatang.

Related Posts
1 daripada 6,365

“Kami memiliki niat yang tulus untuk membantu pelestarian alam serta memberi kontribusi positif bagi masyarakat lokal. Kami juga berharap aksi ini mampu mendorong seluruh aktivitas pelestarian alam dapat menyebar ke seluruh dunia,” tandas Akio Yoshida, Presiden Direktur AEON Mall Japan pada saat membuka acara tersebut.

Kepedulian AEON Mall  sendiri telah dilakukan sejak tahun 2011 lalu. AEON Environmental Foundation pun dikabarkan, telah menanam sekitar 63.000 pohon bakau di rawa-rawa pesisir di Indonesia selama periode tiga tahun sejak tahun 2011.

Penanaman pohon bakau ini tidak hanya bertujuan untuk melindungi daerah pemukiman dan mengatasi hambatan yang terletak di sepanjang pantai utara Jakarta dari banjir dan bencana lainnya, tetapi juga untuk merenovasi pantai dengan memberikan penghijauan di bibir pantai.

Pelestarian lingkungan dengan menanam tanaman asli daerah setempat bertajuk AEON Hometown Forest Creation. Program ini  dimulai di AEON Malaysia cabang Malacca pada tahun 1991, dan pertama kali dilakukan di JUSCO, jepang, cabang Shin Hisai (Prefecture Mie) pada April 1992.

Jumlah pohon yang telah ditanam oleh AEON Environmental Foundation melalui program penanaman pohon (tee planting) ini pada tahun 2013 telah mencapai sebanyak 10 juta pohon.

 

Tinggalkan komen