Take a fresh look at your lifestyle.

Begini Ceritanya Kenapa Disebut Senayan

0 1,140
Senayan-GBK
foto : istimewa

Jakartakita.com – Nama Senayan identik dengan gedung tempat ‘bekerja’-nya para anggota dewan yang menjadi wakil rakyat hasil pemilihan umum yaitu Gedung Majelis Permusyawaratan Rakyat/Dewan Perwakilan Rakyat (MPR/DPR).

Selain itu, nama Senayan merupakan satu kawasan penting di Jakarta, yang terkenal sejak dibangun gelanggang olah raga bertaraf internasional di daerah itu.

Sarana berolah raga tersebut bernama Gelanggang Olah raga (Gelora) Soekarno, yang dibangun pada awal 1960-an atas bantuan pemerintah Uni Soviet di era Perdana Menteri Nikita Sergeiwitsj Kruschev.

Lantas, mengapa daerah itu diberi nama Senayan?

Related Posts
1 daripada 5,698

Dalam bukunya yang berjudul “212  Asal-Usul Djakarta Tempo Doeloe,” setebal 377 halaman yang diterbitkan Ufuk Press pada Oktober 2012, Zaenuddin HM, menjelaskan bahwa nama Senayan berasal dari keadaan wilayahnya pada masa lampau.

Pada peta yang diterbitkan Topographische Bureau, Batavia pada 1902, kawasan Senayan masih ditulis Wangsanajan, atau Wangsanayan menurut Ejaan Yang Disempurnakan (EYD).

Kata Wangsanayan berarti tanah tempat tinggal atau tanah milik seseorang yang bernama Wangsanayan.

Sebutan Wangsanayan lambat laun berubah, karena masyarakat lebih mudah melafalkan atau mengucapkannya dengan kata Senayan.

Wangsanayan pun diyakini sebagai seseorang yang berasal dari Bali, berpangkat Letnan, yang lahir sekitar tahun 1680, yang kemudian tinggal di Batavia.

Jadi, asal muasal nama Senayan sebetulnya berasal dari nama orang, dan hingga kini menjadi salah satu kawasan yang sangat terkenal di Indonesia. (Sumber : Bisnis.com)

 

Tinggalkan komen