Take a fresh look at your lifestyle.

Ini Dia Asal-Usul Wilayah Ciracas, Jakarta Timur

0 3,031
kantor camat ciracas, jakarta timur
foto : istimewa

Jakartakita.com – Ciracas adalah satu wilayah kecamatan di Jakarta Timur, resmi menjadi kecamatan di DKI Jakarta sejak tahun 1991.

Kecamatan Ciracas sebagai pecahan dari Kecamatan Pasar Rebo, yang di dalamnya mencakup 5 kelurahan yakni Kelurahan Cibubur, Kelurahan Kelapa Dua, Kelurahan Ciracas, Kelurahan Susukan, Kelurahan Kampung Rambutan.

Mayoritas penduduk daerah tersebut adalah suku Betawi,  sisanya kaum pendatang dari Sunda, Jawa dan Batak.

Related Posts
1 daripada 5,699

Menurut Zaenuddin HM, dalam buku karyanya berjudul “212  Asal-Usul Djakarta Tempo Doeloe,”  –  terdiri dari 377 halaman yang diterbitkan Ufuk Press pada Oktober 2012 – belum ditemukan data sejarah mengenai nama Ciracas.

Tentang kenapa daerah itu diberi nama Ciracas, kemungkinan berasal dari nama sungai kecil di kawasan tersebut pada masa lalu.

Konon, di kalangan masyarakat Ciracas ada cerita rakyat yang pernah terkenal yakni kisah Mak Kopi. Wanita berdarah China itu menikah dengan pemuda Betawi keturunan Demak.

Saat hamil, wanita tersebut gemar sekali minum kopi dan bahkan menjadi minuman utamanya, sehingga dia dijuluki Mak Kopi.

Bahkan ketika melahirkan anak laki-laki, anaknya pun diberi nama si Kopi. Konon Mak Kopi bisa hidup sampai 150 tahun. (Sumber : Bisnis.com)

 

Tinggalkan komen