Take a fresh look at your lifestyle.

Ini Dia… Tips Menghindari Radiasi Ponsel Yang Berbahaya

0 3,454
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Pada era globalisasi saat ini, telepon genggam, atau smartphones hampir tidak pernah lepas dari genggaman tangan manusia. telepon gengam kini sudah menjadi bagian yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan modern. Semua aktivitas, informasi, pelayanan, jual – beli, bersosialisasi, semua itu bisa dilakukan di genggaman tangan.

Namun, tahukah Anda bahwa ponsel memiliki radiasi dapat menimbulkan hal yang buruk bagi kesehatan. Hal ini bukanlah hal baru dalam dunia medis. Namun nyatanya memang banyak iklan, kampanye, pemberitahuan yang menyatakan bahwa radiasi dari ponsel berbahaya bagi kesehatan.

Walaupun demikian gencarnya peringatan ini diberitahukan, nyatanya masih banyak pula orang yang masih keranjingan menggunakan telepon genggam.

Boldsky merangkum beberapa cara praktis dari para ahli bagi masyarakat perihal bahaya dari radiasi yang ditimbulkan ponsel, dan bagaimana cara untuk menghindarinya.

Jaga jarak telepon genggam dari kepala

Para ahli menyarankan agar jika melakukan perbincangan panjang, lebih baik menggunakan earphone. Selain itu, menggunakan mode loudspeaker pun bisa menjadi pilihan. Ini dilakukan agar kepala Anda dan telepon genggam jaraknya tidak terlalu dekat.

Radiasi yang paling tinggi terjadi pada saat telepon selular akan menerima panggilan. Jadi alangkah baiknya menunggu sebentar, sebelum orang yang Anda telepon mengangkat, lalu langsung gunakan handsfree.

Ini penting dilakukan, karena radiasi langsung dari telepon genggam diketahui bisa merusak jaringan otak dan mata. Penting juga diketahui, untuk tidak menaruh ponsel di sekitar tubuh.

Jangan Taruh Ponsel Di Kantong Depan

Banyak para pria yang suka menaruh ponselnya di kantong depan kemeja atau kaos berkerah. Alasannya, selain mudah dijangkau, dering dari telepon genggam akan lebih mudah didengar.

Ini sangat berbahaya, pasalnya, letak kantong baju depan kemeja itu sangat dekat dengan jantung. Radiasi yang ditimbulkan dari ponsel pun akan sangat berbahaya bagi jantung Anda.

Jangan Gunakan Ponsel Pada Saat Low Batt

Ketika baterai ponsel low batt, maka radiasi yang ditimbulkannya pun akan semakin kuat. Lebih baik Anda mengindari penggunaan ponsel saat baterainya sedang kritis.

Related Posts
1 daripada 6,528

Isi baterai ponsel terlebih dahulu. Selain itu, hindari menggunakan telepon genggam saat sedang di-charge. Pasalnya, pengisian baterai dapat menyebabkan sirkuit pendek listrik sehingga bisa menyebabkan daya setrum secara tiba-tiba.

Jangan Nyalakan Ponsel Pada Saat Anda Tidur

Saat tidur, sistem pertahanan tubuh menjadi lemah. Semua sistem dalam tubuh harus beristirahat. Itulah sebabnya radiasi dari barang elektronik apapun dapat mudah diserap dalam tubuh pada saat tidur.

Disarankan oleh para ahli, agar pada saat tidur sebaiknya ponsel Anda dimatikan. Atau, letakkan ponsel Anda jauh dari tempat tidur.

Hindari Menggunakan Ponsel di Daerah Yang Lemah Sinyal

Perlu diketahui, bahwa saat sinyal daerah Anda mengakses ponsel lemah, maka ponsel Anda akan mengeluarkan lebih banyak radiasi untuk mendapatkan jaringan. Jadi sebaiknya hindari pemakaian telepon genggam di daerah yang lemah sinyal.

Jika mencoba melakukan panggilan atau koneksi secara berulang-ulang, radiasi yang dipancarkan jadi lebih banyak. Tak hanya untuk diri Anda sendiri, hal ini jika dilakukan maka juga akan merugikan orang lain yang ada disekitar Anda.

Jika Sedang Hamil, Hindari Pemakaian Ponsel Rutin

Ibu hamil di era sekarang pun membutuhkan telepon genggam. Namun, ada baiknya untuk para ibu hamil mengurangi penggunaannya.

Diketahui dari para ahli, bahwa radiasi ponsel dapat mengganggu pertumbuhan fetus. Tak hanya ibu, orang yang ada disekitar ibu hamil pun dianjurkan untuk mengurangi penggunaan ponselnya.

Gunakan Ponsel Yang Mereknya Jelas

Kebanyakan ponsel bermerek pastinya sudah melalui tes radiasi dari badan yang jelas. Ini dilakukan agar para penggunanya atau konsumen aman menggunakan produk tersebut.

Telepon genggam dengan kualitas abal – abal dapat memancarkan radiasi yang lebih besar dan berbahaya. Pemilihan telepon genggam dengan merek yang jelas dan terjamin keasliannya pun dapat mengurangi risiko gangguan akibat radiasi.

Nah.. Kini Anda sudah tahu tips – tips cara menghindari radiasi telepon genggam yang membahayakan kesehatan, silahkan mencoba, salam sehat…

Tinggalkan komen