Take a fresh look at your lifestyle.

Ini Dia Pencetus Diabetes Selain Faktor Keturunan

0 991
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Meski faktanya, keturunan diabetes 6 kali beresiko terkena diabetes. Namun, bukan berarti Anda yang bukan keturunan diabetes benar-benar bebas dari diabetes. Itu karena diabetes bukan hanya disebabkan oleh faktor keturunan.

Diabetes adalah kondisi di mana insulin (hormon yang membantu metabolisme gula) tidak bekerja dengan seharusnya, sehingga kadar gula di dalam darah melebihi batas normal. Kondisi ini bisa saja terjadi kalau kita tidak menerapkan gaya hidup sehat.

Berikut adalah daftar pencetus diabetes selain faktor keturunan yang dirangkum Jakartakita.com dari berbagai sumber:

Jarang Berolahraga

Malas berolahraga akan berakibat menumpuknya lemak di tubuh, apalagi jika aktivitas Anda sehari-hari hanya duduk bekerja di kantor. Semakin sedikit aktivitas fisik yang Anda lakukan, semakin besar risiko Anda kegemukan.

Related Posts
1 daripada 300

Kegemukan ini bisa menyebabkan berbagai gangguan, salah satunya adalah memberikan beban yang lebih berat pada pankreas, yang berperan menghasilkan insulin (hormon yang membantu metabolisme gula). Tubuh menjadi kesulitan mempertahankan kadar gula darah pada kisaran normal. Inilah sebabnya banyak orang mengasosiasikan kegemukan dengan diabetes. Berolahraga rutin selama total minimal 150 menit dalam satu minggu akan membakar lemak dan membuat Anda lebih fit.

Kurang Tidur

Kalau Anda terbiasa tidur kurang dari 6 jam, dan merasa durasi itu cukup, Anda sebaiknya hati-hati. Faktanya, agar tubuh dapat melakukan proses recovery (pemulihan) yang optimal, Anda disarankan untuk tidur selama 7 – 8 jam setiap hari.

Selain kurang konsentrasi, kurang tidur juga bisa menyebabkan gangguan keseimbangan dan fungsi kerja hormon, salah satunya insulin.

Mengkonsumsi gula berlebihan

WHO (World Health Organization)  merekomendasikan untuk membatasi asupan gula maksimal 25 gram (atau setara dengan 2 sendok makan) per hari saja. Padahal biasanya kita mengkonsumsi beragam makanan dan minuman manis dalam sehari. Dan jikan ini berlangsung terus-menerus, bukan tak mungkin fungsi pankreas dalam memproduksi insulin akan menurun akibatnya resiko diabetes makin tinggi.

Ingin terbebas dar resiko diabetes yang mematikan? Mulailah gaya hidup sehat sekarang juga! Selain memastikan Anda beraktivitas dan beristirahat yang cukup, perhatikan juga makanan dan minuman yang Anda santap. Hindari manis berlebih, perbanyak konsumsi buah dan sayuran.

Tinggalkan komen