Take a fresh look at your lifestyle.

Bahaya Makan Tergesa-Gesa, dari Tergigit Hingga Mati Karena Tersedak

0 3,773
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Seorang peserta lomba makan ayam goreng KFC, Fredy Jayadi, 45 tahun, tewas setelah tersedak makanan pada Jumat (11/3/2016). Saat itu Fredy dan dua penantangnya sedang berlomba makan 3 potongan ayam KFC dalam waktu lima menit. Pada potongan ketiga, nahas, Fredy tersedak potongan ayam yang menewaskannya.

Tahukah Anda kalau menurut kesehatan, makan yang baik adalah makanan yang dikunyah dengan pelan. Pakar kesehatan menganjurkan agar makan tidak dalam keadaan tergesa-gesa, sambil berbicara ataupun tertawa. Apalagi lomba makan yang mengandalkan kecepatan makan.

Related Posts
1 daripada 300

Selain tidak sopan. Makan terlalu cepat bisa beresiko tergigit, hingga tewas tersedak.

Berikut dampak buruk akibat mengunyah makanan dengan tergesa-gesa, seperti dilansir dari berbagai sumber:

  1. Resiko tergigit. Makan terlalu cepat bisa membuat gigi Anda tak sengaja ikut menggigit lidah Anda. Mungkin terdengar sepele, namun lidah tergigit oleh gigi dapat menimbulkan infeksi pada mulut.
  2. Organ Pencernaan bekerja lebih berat. Usus dan organ pencernaan lainnya akan memproses makanan yang masuk melalui mulut, sebelum nutrisi disalurkan ke seluruh jaringan tubuh. Jika makanan tidak hancurkan di mulut dengan optimal, tentu saja organ pencernaan akan bekerja dua kali lebih keras.
  3.  Gangguan Pencernaan. Mengunyah makanan hingga lembut, akan memudahkan proses pencernaan makanan. Selain itu, akan meminimalisir udara yang ikut tertelan. Udara yang tertelan dalam jumlah banyak dapat menyebabkan sfingter esofagus membuka lebar, dan asam perut akan naik mencapai dada atau tenggorokan. Gangguan pencernaan yang ringan seperti mulas, perut kembung, nyeri, dll. Pada sebagian kasus, gangguan pada sistem pencernaan ini dapat berakibat serangan jantung.
  4. Obesitas. Mengunyah makanan dengan lambat dapat membantu mengontrol berat badan. Makan dengan pelan akan memberi waktu bagi hormon tertentu untuk mengirim sinyal kenyang ke otak. Jika anda makan dengan cepat, maka otot perut akan dipaksa untuk meregang lebih besar. Kebiasaan buruk ini dapat memicu obesitas.
  5. Memicu stress. Mengunyah makanan hingga lembut, akan membuat kita menikmati kelezatan makanan tersebut. Sensasi tenang dan senang akan dirasakan oleh otak, sehingga meredakan stres. Berbeda jika anda makan dengan cepat, maka tidak ada waktu untuk menikmati makanan. Mungkin anda akan cenderung memikirkan sesuatu yang justru menambah beban bagi fikiran.
  6.  Risiko tewas karena tersedak. Menelan makanan dengan ukuran besar dan tekstur kasar, dapat menyebabkan insiden tersedak yang bisa berujung pada kematian.

Jangan mudah tergoda untuk mengikuti lomba makan dengan iming-iming hadiah besar. Karena resikonya adalah kematian.

Tinggalkan komen