Take a fresh look at your lifestyle.

Perancis Kalahkan Belanda di Amsterdam

0 1,045

 

foto: espn
foto: espn

Jakartakita.com – Perancis berhasil mengalahkan Belanda dengan skor 3-2 dalam pertandingan persahabatan yang berlangsung di Amsterdam Arena, Sabtu (26/3/2016) dini hari WIB. Gol-gol Perancis dalam pertandingan ini dicetak Antoine Griezmann (6′), Olivier Giroud (13′), dan Blaise Matuidi (87′). Sedangkan dua gol Belanda masing-masing dicetak Luuk de Jong (47′) dan Ibrahim Afellay (86′).

Penghormatan khusus diberikan kepada mantan pesepakbola Belanda dan Ajax Amsterdam, Johan Cruyff, yang meninggal Kamis (24/3/2016) lalu, sebelum dan saat pertandingan persahabatan ini berlangsung.

Perancis yang mengandalkan trio Giroud, Griezmann, dan Dimitri Payet tampil tajam dan dapat unggul dua gol sebelum laga genap berjalan seperempat jam. Griezmann membuka keunggulan Les Bleus pada menit ke-enam, lewat tendangan bebas yang diambil menggunakan kaki kiri. Bola bersarang di pojok kanan atas gawang Belanda yang dikawal kiper Jasper Cillessen.

Giroud lalu menggandakan keunggulan Perancis pada menit ke-13. Striker Arsenal ini meneruskan sundulan Matuidi dengan sepakan kaki kiri menjadi gol, dalam sebuah situasi set piece tendangan sudut.

Pada menit ke-14 wasit memberi tanda dihentikannya sementara pertandingan selama semenit, sebagai penghormatan kepada Cruyff. Cruyff identik dengan nomor punggung 14 saat masih aktif membela tim nasional Belanda. Di salah satu area tribun penonton, poster raksasa Cruyff digelar.

foto: knvb
foto: knvb

Di awal babak kedua, pelatih Belanda Danny Blind melakukan pergantian pemain untuk mengubah peruntungan timnya. Dua pemain bertipikal menyerang, Memphis Depay dan Ibrahim Afellay, masuk menggantikan Jordy Clasie dan Virgil Van Dijk. Formasi 5-3-2 diganti 4-3-3, dengan tiga pemain muda, yaitu Depay, De Jong, dan Quincy Promes, menjadi andalan di lini depan.

Hasilnya Belanda dapat tampil lebih agresif dan berhasil membuat dua gol untuk menyamakan kedudukan. Gol pertama De Oranje telah terjadi saat babak kedua berjalan dua menit. Tendangan bebas Depay dari sayap kiri dapat ditanduk De Jong masuk ke gawang Perancis yang dikawal kiper Steve Mandanda.

foto: knvb
foto: knvb

Perancis berusaha mengembalikan keunggulan dua gol, tapi tendangan Payet dari luar kotak penalti Belanda hanya mengenai tiang gawang kiri.

Empat menit sebelum babak kedua terakhir, Belanda dapat menyamakan kedudukan. Tendangan sudut Depay dapat dituntaskan Afellay dengan sebuah tendangan mendatar yang melesak masuk ke pojok kanan bawah gawang Perancis.

Related Posts
1 daripada 7,082

Sayang bagi para pendukung tuan rumah yang sebetulnya masih merayakan gol Afellay, Perancis semenit berselang dapat menghasilkan gol penentu kemenangan. Umpan terobosan Anthony Martial dapat dituntaskan Matuidi dengan tembakan mendatar yang melewati sela-sela kaki Cillessen.

 

Susunan Pemain

Belanda: Jasper Cillessen; Joël Veltman, Jeffrey Bruma, Virgil van Dijk (Ibrahim Afellay 45’), Jetro Willems (Patrick Van Aanholt 78’), Daley Blind; Jordy Clasie (Memphis Depay 45’), Davy Klaassen (Georginio Wijnaldum 76’), Wesley Sneijder (Riechedly Bazoer 37’); Luuk de Jong (Vincent Janssen 82’), Quincy Promes

 

Perancis: Steve Mandanda; Christophe Jallet, Patrice Evrà (Lucas Digne 45’), Raphaël Varane, Laurent Koscielny; Lassana Diarra (N’Golo Kanté 45’), Blaise Matuidi (booked 69’), Paul Pogba (Moussa Sissoko 87’); Antoine Griezmann (Anthony Martial 45’), Dimitri Payet, Olivier Giroud (Andre-Pierre Gignac 73’)

 

Hasil pertandingan persahabatan internasional lainnya:

Portugal 0-1 Bulgaria

Marcelinho 19′

Republik Irlandia 1-0 Swiss

Ciaran Clark 2’

Slowakia  0-0 Latvia

Luxembourg 0-3 Bosnia Herzegovina

Maxine Chanot 73′ (bd), Milan Djuric 75′, Miralem Pjanic 90′ +2′

Armenia 0-0 Belarusia

Tinggalkan komen