Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

Ekonom : Pertumbuhan Kuartal I/2016 Relatif Lebih Baik

0 566

Tiket Pesawat Murah Airy

pembangunan tol - infrastruktur
foto : istimewa

Jakartakita.com – Kegiatan ekonomi pada kuartal I/2016 dinilai relatif membaik dibandingkan sebelumnya.

“Hal ini tercermin dari penyerapan anggaran pemerintah dan kegiatan investasi infrastruktur yang lelangnya sudah dilakukan menjelang akhir tahun lalu,” kata Firmanzah, Ekonom Universitas Paramadina, baru-baru ini di Jakarta.

Meskipun demikian, Firmanzah menilai, beberapa indikator masih menunjukkan pelemahan walaupun sedikit lebih baik dibanding kuartal I/2015. Dia menyebutkan, belanja ritel belum memperlihatkan tendensi yang positif.

Artikel Terkait
1 daripada 18

“Tapi sudah ada upaya untuk mendorong konsumsi masyarakat. Ada juga penurunan BI Rate, suku bunga kredit juga turun. Ini efeknya akan terasa di kuartal dua,” ucapnya.

Lebih lanjut dikatakan, kuartal II/2016 akan makin terasa peningkatan kegiatan usaha karena menjelang puasa dan Idul Fitri terjadi kenaikan permintaan domestik yang tinggi.

Permintaan itu bakal terjadi pada sektor tekstil dan turunannya, barang-barang konsumsi (consumer goods), komunikasi, logistik, transportasi, dan otomotif.

“Namun, secara siklus mesti diperhatikan sebab setelah momen Idul Fitri bakal ada penurunan permintaan,” pungkasnya.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Open chat
1
Hello can we help you?