Take a fresh look at your lifestyle.

Rio Haryanto Finis Urutan 21 F1 GP Tiongkok, Rosberg Juara

0 850

rio haryantoJakartakita.com – Pebalap Indonesia Rio Haryanto kembali menyelesaikan balapan F1 dalam musim pertamanya. Dalam balapan F1 GP Tiongkok yang berlangsung di Shanghai International Circuit, Minggu (17/4/2016), Rio berhasil finis urutan 21, tertinggal satu putaran dari pebalap Mercedes Nico Rosberg yang keluar sebagai juara dengan catatan waktu 1 jam 38 menit 53,891 detik.

Rio sempat menempati peringkat delapan pada putaran kedelapan seusai insiden yang terjadi di putaran pertama, karena ia tidak terkena dampak tabrakan yang terjadi sehingga tidak perlu masuk pitstop. Namun seiring berlangsungnya balapan, urutan pebalap Manor Racing itu melorot karena ia dapat dilewati para pebalap lain.

Insiden yang dimaksud adalah tabrakan antara duo Ferrari. Mobil ‘Kuda Jingkrak’ yang dikendarai Kimi Raikkonen menabrak mobil Sebastian Vettel, sehingga sayap depan mobil Raikkonen patah. Pebalap Sauber Felipe Nasr yang mencoba menghindari dua mobil Ferrari yang bertabrakan menabrak sayap depan mobil pebalap Mercedes Lewis Hamilton hingga patah. Demikian juga sayap depan mobil Haas yang dikendarai Romain Grosjean, sebagai akibat insiden yang terjadi, patah akibat menabrak mobil pebalap Sauber Marcus Ericsson.

Akibat insiden ini urutan Vettel melorot ke urutan delapan, sedangkan Raikkonen langsung masuk pitstop untuk melakukan pergantian sayap depan. Red flag kemudian dikibarkan sehingga seluruh pebalap masuk ke pitstop. Pebalap Red Bull Daniel Ricciardo yang ban kanan belakang kendaraannya mengalami kebocoran akibat terkena serpihan dari insiden di putaran pertama berkesempatan untuk melakukan pergantian ban.

Ricciardo yang start di posisi kedua sempat dapat melewati Rosberg yang start di pole position saat awal lomba. Namun pada putaran ketiga ia dilewati Rosberg karena mengalami kebocoran ban tersebut.

Related Posts
1 daripada 7,027

Setelah serpihan-serpihan dibersihkan dari lintasan, balapan dimulai kembali. Rosberg setelah itu mendominasi peringkat pertama sampai akhir pertandingan. Ia diikuti Vettel di urutan kedua, yang mencatatkan waktu lebih lambat 37,7 detik. Di urutan ketiga ada pebalap Red Bull Daniil Kvyat yang lebih lambat 45,9 detik dari Rosberg. Ricciardo finis urutan ke-empat, sedangkan Raikkonen finis kelima meski sempat memicu terjadinya insiden di putaran pertama.

Pebalap Williams Felipe Massa di urutan ke-enam, sedangkan juara dunia pebalap Mercedes Lewis Hamilton finis urutan tujuh. Hasil ini tentunya sangat baik, mengingat ia start dari posisi ke-22 alias terakhir, lalu ia mengalami sayap depan patah.

 

Hasil balapan F1 GP Tiongkok 2016:

1. Nico Rosberg GER Mercedes-Mercedes 56 laps / 1h 38.53.891s
2. Sebastian Vettel GER Ferrari-Ferrari +37.7s
3. Daniil Kvyat RUS Red Bull-TAG Heuer +45.9s
4. Daniel Ricciardo AUS Red Bull-TAG Heuer +52.6s
5. Kimi Raikkonen FIN Ferrari-Ferrari +65.8s
6. Felipe Massa BRZ Williams-Mercedes +75.5s
7. Lewis Hamilton GBR Mercedes-Mercedes +78.2s
8. Max Verstappen NED Toro Rosso-Ferrari +79.2s
9. Carlos Sainz Jr ESP Toro Rosso-Ferrari +84.1s
10. Valtteri Bottas FIN Williams-Mercedes +86.1s

11. Sergio Perez MEX Force India-Mercedes +94.2s
12. Fernando Alonso ESP McLaren-Honda +97.2s
13. Jenson Button GBR McLaren-Honda +101.9s
14. Esteban Gutierrez MEX Haas-Ferrari +1 lap
15. Nico Hulkenberg GER Force India-Mercedes +1 lap
16. Marcus Ericsson SWE Sauber-Ferrari +1 lap
17. Kevin Magnussen DEN Renault-Renault +1 lap
18. Pascal Wehrlein GER MRT-Mercedes +1 lap
19. Romain Grosjean FRA Haas-Ferrari +1 lap
20. Felipe Nasr BRZ Sauber-Ferrari +1 lap
21. Rio Haryanto INA MRT-Mercedes +1 lap
22. Jolyon Palmer GBR Renault-Renault +1 lap

Tinggalkan komen