Take a fresh look at your lifestyle.

Sssttt, Fenomena Langka “Blue Moon” Kembali Hiasi Langit Malam Ini!

0 875
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Bagi Anda penggemar astronomi. Pastikan Anda tidak melewatkan fenomena langka malam ini! Pasalnya, Sabtu (21/5/2016) malam nanti, blue moon atau bulan biru akan kembali hiasi langit.

Meski disebut blue moon, ternyata bulan ini sama sekali tidak memancarkan sinar biru seperti yang dibayangkan banyak orang.

Related Posts
1 daripada 4,928

Disebut blue moon karena saat terjadi, bumi berada di antara matahari dan bulan sehingga bulan akan sepenuhnya terang seperti yang terlihat dari Bumi. Bulan purnama ini dikenal oleh suku asli Amerika sebagai Full Flower Moon karena ini adalah waktu ketika bunga musim semi muncul melimpah di tahun ini.

Bulan ini juga telah dikenal sebagai Full Corn Planting Moon dan Milk Moon. Karena ini adalah bulan purnama ketiga dari empat bulan purnama di musim ini, maka dikenal sebagai Blue Moon. Fenomena langka ini hanya terjadi sekali setiap beberapa tahun, sehingga ada istilah “sekali dalam bulan biru.” .

Frekuensi Blue Moon beragam mulai 1-3 tahun sekali. Blue Moon terakhir terjadi pada 31 Juli 2015 dan setelah hari ini akan terjadi lagi pada 31 Januari 2018.

Yang spesial dari Blue Moon tahun ini adalah bahwa Mars akan berada di dekat bulan purnama sehingga langit bagian tenggara akan terlihat cerah. Fenomena ini juga aman dilihat dengan mata telanjang.

Tinggalkan komen