Take a fresh look at your lifestyle.

Hari Ini, Tilang Mulai Diterapkan di Kawasan Ganjil-Genap

0 1,111
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com –  Mulai hari ini, Senin (29/8/2016), Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta serta Kepolisian Daerah Metro Jaya akan menilang pengendara yang melanggar aturan ganjil-genap. Pihak terkait pun menambah anggotanya untuk mengawasi penambahan volume kendaraan yang melalui jalan alternatif maupun ruas jalan menuju Jalan Sudirman-Thamrin, Rasuna Said, dan Gatot Subroto.

Pengawasan ini dilakukan untuk  mengetahui apakah selama uji coba aturan itu kemacetan berpindah dari kawasan ganjil-genap ke daerah sekitarnya.

Related Posts
1 daripada 5,023

Sebelumnya, uji coba plat nomor ganjil-genap sudah dilakukan sejak 27 Juli sampai 26 Agustus. Selama uji coba, kepolisian hanya memberikan sanksi berupa teguran pada pelanggar.

Dan mulai hari ini, pagi pelanggar aturan ganjil-genap akan dikenakan  sanksi maksimal denda Rp 500 ribu bagi pengendara yang melanggar. Denda maksimal akan memberikan efek jera pada pelanggar. Aturan denda maksimal pun sudah terdapat dalam Peraturan Gubernur Nomor 164 Tahun 2016 tentang Pembatasan Lalu Lintas dengan Sistem Ganjil-Genap.

Selama pelaksanaan sistem ganjil-genap, pihak terkait berupaya  mengurai kemacetan sebelum kendaraan memasuki kawasan ganjil-genap dengan cara melakukan rekayasa lalu lintas. Sementara untuk mengantisipasi pemilik kendaraan yang beralih ke angkutan umum, PT Transportasi Jakarta juga berupaya menambah jumlah bus di koridor 1, Blok M-Kota, koridor 6, Ragunan-Dukuh Atas, dan koridor 9, Pinang Ranti-Pluit agar waktu tunggu bus tak lama.

Tinggalkan komen