Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Timnas U-16 Juara Piala AFF U-16 2018

Gelar juara Piala AFF U-16 yang pertama bagi Indonesia

1,605
foto: istimewa

Jakartakita.com – Tim nasional sepakbola Indonesia U-16 keluar sebagai juara Piala AFF U-16 2018 berkat kemenangan dalam babak adu penalti atas Thailand di partai final yang berlangsung di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (11/8/2018) malam WIB. Gelar juara ini merupakan yang pertama bagi Indonesia di ajang tersebut.

Pertandingan ditentukan lewat adu penalti setelah kedua tim bermain imbang 1-1 di waktu normal. Timnas U-16 asuhan pelatih Fakhri Husaini unggul terlebih dahulu lewat gol Fajar Fathur Rachman pada menit ke-33 yang dihasilkan melalui sontekan kaki kanan memanfaatkan umpan lambung Andre Oktaviansyah dari tengah lapangan.

Thailand lalu menyamakan kedudukan lewat gol yang dicetak Apidet Janngam pada menit ke-72. Janngam menyarangkan bola ke gawang timnas U-16 dengan sontekan kaki kiri.

Dalam babak tos-tosan, kedua penendang penalti pertama kedua tim berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Thanarin Thumsen bagi Thailand dan Sutan Zico untuk timnas U-16.

Sepakan Janngam sebagai eksekutor penalti kedua Thailand dapat dimentahkan kiper timnas U-16 Ernando Ari. Ernando langsung bersujud syukur atas keberhasilannya tersebut. Sedangkan eksekutor penalti kedua timnas U-16 Amiruddin Bagus Kahfi Al-Fikri dapat menaklukkan kiper Thailand Anuchid Taweesri.

Eksekutor penalti ketiga kedua tim lalu berhasil menjalankan tugasnya dengan sempurna, Anaucha Sodri bagi Thailand dan Rendy Juliansah untuk timnas U-16. Kedudukan menjadi 3-2 bagi keunggulan timnas U-16 dalam babak adu penalti.

Eksekutor penalti keempat kedua tim juga dengan baik menjalankan tugasnya, Kittiphong Khetpara bagi Thailand dan David Maulana untuk timnas U-16. Kemenangan 4-3 timnas U-16 lalu ditentukan dengan keberhasilan Ernando menangkis tendangan Pongsakorn Innet sebagai eksekutor penalti kelima Thailand.

Timnas U-16 lolos ke final berkat kemenangan 1-0 atas Malaysia dalam pertandingan semifinal yang berlangsung di Stadion Gelora Delta Sidoarjo pada Kamis (9/8/2018). Gol penentu kemenangan timnas U-16 dicetak Amiruddin Bagus Kahfi Al-Fikri dari titik putih pada menit ke-72. Gol ini merupakan gol ke-12 Bagus di Piala AFF U-16 2018, menjadikannya top skor turnamen.

Timnas U-16 melaju ke semifinal dengan status juara Grup A dengan nilai sempurna 15 poin dari lima pertandingan. Dalam pertandingan babak grup, timnas U-16 dapat mengalahkan Filipina 8-0, Myanmar 2-1,  Vietnam 4-2, Timor Leste 3-0, dan Kamboja 4-0.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: