Take a fresh look at your lifestyle.

EF Luncurkan Program ‘Small Stars’

Sebuah Inovasi Metode Belajar Bahasa Inggris Terkini Khusus Anak Usia 3-6 Tahun

0 6,581
foto : jakartakita.com/fahrul anwar

Jakartakita.com – Lembaga pendidikan Bahasa Inggris, EF (English First) meluncurkan inovasi metode belajar bahasa Inggris terkini khusus anak usia 3-6 tahun, yang di beri nama ‘Small Stars’.

Program tersebut, sebagai upaya memberikan pengembangan bahasa yang menjadi bagian penting dari perkembangan ‘Si Kecil’, agar kelak memiliki kemampuan untuk berkomunikasi, memahami dan mengekspresikan perasaan.

“EF menyadari perlunya mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan anak untuk menghadapi era saat ini dan masa depan,” jelas Elisabeth Maria, Regional Director EF English First Indonesia, saat ditemui di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (24/1/2019).

Ditambahkan, tim EF menilai, belajar mengenal, memahami, menggunakan, dan menikmati bahasa menjadi langkah awal dalam mengasah kemampuan literasi anak dan penting diberikan sejak usia dini.

“Disamping itu, kemampuan literasi juga dapat mendukung anak dalam mengembangkan cara berpikir dan memecahkan masalah, serta membangun dan menjaga hubungan sosial,” sambungnya.

Asal tahu saja, pada penelitian terbaru pendidikan dalam P21 Framework for 21st Century Skills disebutkan, terdapat beberapa keterampilan yang diperlukan siswa agar berhasil dan sukses di masa depannya, diantaranya yaitu; kemampuan berpikir kritis, kreativitas, keterampilan komunikasi, literasi (informasi dan teknologi), sosial dan kolaborasi.

Related Posts
1 daripada 5,097

“Oleh karena itu, kami melakukan sebuah inovasi pada program EF Small Stars, karena kami ingin mendampingi anak-anak mengembangkan kemampuan literasi dini mereka melalui bahasa Inggris. Melalui materi pembelajaran dan aktivitas yang menyenangkan, anak pun akan memiliki antusiasme belajar yang tinggi dan menikmati proses belajar, sehingga mampu mengembangkan kemampuan dan kepercayaan diri dengan lebih baik,” terang Elisabeth Maria.

Melalui inovasi pada EF Small Stars, lanjutnya, diharapkan program ini dapat menjadi solusi bagi para orangtua yang ingin mengembangkan kemampuan literasi dan komunikasi anak melalui bahasa Inggris, sebagai persiapan kemampuan akademik mereka saat memasuki Sekolah Dasar dan sebagai bekal keterampilan yang diperlukan di masa depannya kelak.

“Singkatnya, inovasi program ini diluncurkan guna membantu mengembangkan kemampuan akademik, kompetensi dan karakter anak melalui materi dan lingkungan belajar yang berorientasi pada perkembangan masing-masing anak. Tentunya, kami turut melibatkan peran orangtua melalui fasilitas pendukung pembelajaran EF, yang dapat diakses di dalam kelas maupun di rumah bersama orangtua, sehingga proses belajar menjadi lebih maksimal,” imbuh Elisabeth Maria.

Pada kesempatan yang sama, Elizabeth Santosa atau yang akrab disapa Lizzie, Psikolog Pendidikan dan Anak, menyampaikan mengenai peran penting pengembangan bahasa sebagai dasar keterampilan dalam membantu mengoptimalkan kemampuan kognitif, emosional dan sosial anak. Hubungan dan keterlibatan orangtua merupakan pondasi penting atau titik awal kebahagiaan anak yang berdampak positif terhadap perkembangan psikososial mereka.

“Maka penting bagi orangtua untuk membuat anak-anak mereka bahagia. Mengapa? Karena anak-anak yang bahagia akan memiliki kesadaran diri, manajemen diri dan keterampilan sosial yang baik, serta dapat memiliki kemampuan melakukan pengambilan keputusan yang lebih baik. Semua itu penting dan terkait dengan hasil yang akan mereka peroleh di masa depan diantaranya yaitu keberhasilan pendidikan, misalnya menyelesaikan gelar sarjana, peningkatan atau kesuksesan karier dan lainnya seperti, lebih kecil kemungkinannya untuk mereka melakukan tindakan yang melanggar hokum,” jelas Lizzie.

Sekadar informasi, EF Small Stars adalah program pendidikan bahasa Inggris non formal khusus untuk anak usia 3-6 tahun. Program ini menggunakan metode belajar holistik melalui pendekatan pendidikan yang disesuaikan dengan tahapan usia anak.

Pembelajaran ini dirancang agar dapat mengembangkan keterampilan sosial dan emosional, kemampuan motorik halus dan kasar, serta kemampuan bahasa dan kognitif mereka dengan optimal. (Fahrul Anwar)

 

Tinggalkan komen