Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

Spesifikasi Lengkap iPhone 12, Serba Inovatif

1,802

Jakartakita.comiPhone 12 merupakan produk smartphone pembuka untuk perangkat mobile seri terbaru yang dirilis Apple di tahun 2020. Dikatakan pembuka karena ada beberapa produk smartphone lain yang juga sama-sama memakai nama iPhone 12. Hanya saja, terdapat tambahan kata di belakangnya, seperti Mini, Pro dan Max.

Kembali ke iPhone 12, smartphone satu ini diharapkan tidak hanya dapat membawa segala kecanggihan terbaru yang dimiliki Apple, akan tetapi juga diharapkan mampu meneruskan kesuksesan iPhone XR yang menjadi produk paling laris besutan perusahaan Cupertino itu di tahun 2019.

Desain

Dari sisi tampilan luarnya, iPhone 12 ini mengadopsi desain model 2 iPhone sebelumnya, tepatnya adalah iPhone 4 dan iPhone 5. Dikatakan begitu karena sejak iPhone 6, Apple selalu merilis produk smartphonenya dengan bentuk yang minimalis dan meniadakan sudut-sudut atau pinggiran tajam dan kaku. Dengan kata lain, Apple benar-benar meninggalkan desain kaku seperti yang dimiliki iPhone 4 dan iPhone 5. Hanya saja, kemudian desain itu diusung kembali oleh Apple pada iPhone 12 series ini.

Pada bagian belakang dan framenya, iPhone 12 ini memakai material yang terbuat dari aluminium glossy dan baik di sisi depan atau belakang, semuanya dilapisi material Ceramic Shield yang membuat perangkat nampak mengkilap. Untuk warnanya sendiri, terdapat 5 varian berbeda yang dapat dipilih, yaitu hitam, putih, merah, hijau dan biru.

Pada bagian atas, tidak terdapat port atau tombol apapun. Tombol-tombol fisik terletak pada sisi kanan dan kirinya. Sedangkan di bagian bawah, dapat ditemui port untuk USB type-C. Masih seperti iPhone 11, iPhone 12 ini juga tidak dilengkapi dengan port untuk jack 3,5mm karena earpod tetap dapat terhubung dengan perangkat memakai Bluetooth versi 5.

Satu hal yang mengejutkan bahwa iPhone 12 ini memiliki ukuran dan bobot lebih kecil dan lebih ringan dibandingkan iPhone 11. Ketebalannya hanya mencapai 7,4 mm dengan panjang 146,7 mm serta lebar 71,5 mm dan bobotnya hanya 164 gram. Sedangkan iPhone 11 memiliki dimensi 150,9 x 75,7 x 8,3 mm dengan berat 194 gram. Jadi dapat dikatakan bahwa iPhone 12 ini 11 persen lebih tipis, 15 persen lebih kecil dan 16 persen lebih ringan dibandingkan model sebelumnya.

Dan, ya, iPhone 12 ini masih mengantongi sertifikat IP68 yang memiliki artian tahan terhadap benturan, anti-air dan juga dapat digunakan di kondisi apapun. Ketika digunakan untuk menyelam, smartphone ini kuat bertahan sampai kedalaman 6 meter selama 30 menit.

Layar

Beralih ke sisi layarnya, iPhone 12 dilengkapi dengan layar Super Retina XDR OLED berukuran 6,1 inci. Terdapat notch klasik pada bagian atas untuk lensa kamera depannya serta speaker outnya. Tidak seperti kebanyakan smartphone pada umumnya, iPhone 12 tidak memakai desain layar bezel-less, tapi rasio screen-to-bodynya cukup besar sampai 86 persen. Resolusi layarnya adalah sebesar 1170 x 2532 pixels dengan tingkat density 460 ppi.

Layarnya menggunakan material scratch resistant yang terbuat dari campuran keramik dengan coating oleophobic. Selain dapat menampilkan warna secara jelas dan detail karena menggunakan teknologi True-tone, layarnya juga dilengkapi teknologi Dolby Vision yang mampu mempertajam semua hal yang tertampil. Satu hal lagi, layarnya telah support HDR10.

Dalam penggunaan normal, kecerahan layarnya dapat mencapai sampai tingkat 650 nits dan ketika digunakan untuk menonton video berkualitas HDR, maka layarnya akan secara otomatis menyesuaikan sampai 1200 nits. Untuk akurasi temperaturnya pun sudah ditingkatkan oleh Apple. Refresh rate yang dimiliki layarnya adalah 60Hz yang tetap cukup lancar untuk digunakan mengoperasikan aplikasi atau bermain game.

Internal

Beranjak ke bagian dalam, terdapat chipset Apple A14 Bionic dengan Neural Engine. Dan dapat dikatakan bahwa iPhone 12 ini merupakan smartphone pertama besutan Apple yang menggunakan proses fabrikasi 5nm. Chipset yang digunakannya pun tidak hanya cepat dan andal, tetapi juga sangat hemat daya baterai. Oleh karena itu, tidak heran kenapa kapasitas baterai iPhone 12 menyusut menjadi 2815 mAh jika dibandingkan dengan baterai iPhone 11 yang berkapasitas 3110 mAh. Ditambah lagi, layar OLED-nya tidak banyak menguras baterai jika dibandingkan jenis LCD.

Dan berdasarkan penilaian bechmark AnTuTu, Apple A14 Bionic menduduki peringkat pertama mengalahkan banyak chipset besutan vendor lain. Bahkan menggusur posisi Apple A13 Bionic yang sempat menjadi rajanya chipset untuk smartphone di tahun 2019 sampai pertengahan 2020. Kecepatan A14 Bionic 50 persen lebih tinggi dibandingkan A13 Bionic.

Sedangkan prosesornya sendiri adalah Hexa-core dengan clock speed 3.1GHz Firestorm dan kartu grafis yang digunakan adalah Apple GPU (4-core). Operating system yang terdapat di dalamnya adalah iOS 14.1 yang dapat diupgrade ke seri 14.2. iPhone 12 ini dilengkapi dengan RAM 4GB dan ROM dengan 3 varian kapasitas, yaitu 64GB, 128GB dan 256GB. Perangkat mobile satu ini tidak dilengkapi slot untuk microSD di dalamnya.

Satu hal yang menarik dari iPhone 12 ini adalah penggunanya dapat memilih untuk menggunakan mode Standard atau Low Data Mode saat memakainya untuk berbicara di jaringan 5G. Terlebih lagi, terdapat fasilitas Smart Data Mode yang dapat memangkas pemakaian paket data yang ada serta mampu langsung berpidah dari LTE ke 5G secara otomatis, tergantung dari kekuatan jaringan yang didapat pada saat itu.

iOS 14

Seperti halnya kebanyakan iPhone rilisan terbaru yang selalu didampingi oleh operating system anyar, iPhone 12 juga hadir dengan sistem operasi iOS 14 di dalamnya. Terdapat banyak hal menarik di operating system terbaru besutan Apple ini. Mulai dari support untuk true widget, pengorganisasian aplikasi secara sistematis, picture-in-picture video sampai dengan peningkatakan untuk masalah keamanan datanya.

Dari segi tampilan, iOS 14 membawa desain yang lebih bagus dibandingkan dengan seri sebelumnya. Widget di Home Screen-nya juga sudah didesain ulang untuk dapat membantu penggunanya dalam memilih dan mengaktifkan aplikasi di dalamnya. Dan satu hal yang menarik adalah terdapat fitur Pinned Conversations yang dapat digunakan untuk menempelkan siapa-siapa saja di halaman pertama yang sering dihubungi atau diajak chatting via mobile. Terdapat juga tamabhan banyak emoji menarik di dalamnya.

Untuk fasilitas Maps-nya, Apple telah mendesain ulang dan memperbaruinya agar dapat membantu pengguna iPhone 12 dalam mencari jalan ke suatu tempat. Ditambahkan pula tidak hanya penunjuk arah untuk para pengendara sepeda, tapi juga jalanan serta arah untuk para pejalan kaki serta estimasi waktu dari satu tempat ke tempat lain yang dituju secara jelas dan akurat.

iOS 14 ini juga dilengkapi dengan fitur penerjemah yang dapat secara langsung menerjemahkan 11 bahasa berbeda melalui tulisan atau percakapan. Dan satu hal lagi, asisten digital Siri sudah dikembangkan menjadi lebih pintar lagi dibandingkan sebelumnya.

Kamera

Total terdapat 3 buah lensa kamera yang mana masing-masing memiliki resolusi sama, yaitu 12MP. Walaupun resolusi yang dimiliki sama, akan tetapi fungsi dari masing-masing lensa kameranya berbeda.

Pada bagian belakang, terdapat 2 lensa kamera yang mana satu lensa berfungsi sebagai kamera utama dengan aperture f/1.2 dan lensa kedua berfungsi sebagai ultrawide lens yang memiliki aperture f/2.4 dan mampu menangkap gambar sampai tingkat perluasan maksimal mencapai 120 derajat.

Lensa kameranya ini sangat bagus digunakan baik di tempat yang kaya cahaya atau yang remang-remang. Selain itu, ketika digunakan untuk memotret satu objek, efek bokeh yang dihasilkan pun sangat halus dan tidak terkesan sebagai sebuah efek atau filter.

Saat digunakan untuk memotret pada malam hari dengan pembanding Phone 11 Pro, hasil yang didapat adalah kamera iPhone 12 lebih tajam dan detail, sedangkan kamera iPhone 11 Pro sedikit nampak buram dan tidak fokus. Kualitas yang sama juga didapatkan iPhone 12 ketika dibandingkan dengan hasil foto menggunakan lensa kamera smartphone flagship lainnya, produk mobile Apple tersebut tetap menang dari sisi ketajaman.

Terdapat banyak fasilitas untuk lensa belakangnya itu, mulai dari digital zoom sampai 5x, pengaturan depth untuk menampilkan efek bokeh halus, 6 efek berbeda (Natural, Studio, Contour, Stage, Stage Mono, High‑Key Mono), OIS, Panorama, Night mode, Smart HDR sampai dengan Burst mode.

Ketika digunakan untuk merekam video dengan format HDR, maka secara otomatis akan mengaktifkan teknologi Dolby Vision di dalamnya. Hasil rekamannya dapat mencapai resolusi sampai 4K (@24 fps, @30 fps dan @60 fps). Seperti halnya ketika digunakan untuk memotret, terdapat banyak sekali fitur dan mode untuk yang mendukung fasilitas perekaman videonya. Bahkan yang menjadi unik adalah pengguna masih dapat mengabadikan foto sembari merekam video.

Sedangkan di bagian depan, lensa kameranya memiliki aperture f/2.2 dan juga telah didukung berbagai fitur tambahan lain. Lensa kamera depannya ini tidak hanya dapat digunakan untuk selfie atau video call, akan tetapi juga dapat dipakai untuk merekam video sampai resolusi 4K.

Baterai

Seperti yang sempat disinggung di atas, iPhone 12 ini dilengkapi dengan baterai berjenis Lithium Ion berkapasitas 2815 mAh. Smartphone satu ini juga support dengan MagSafe wireless charging 15W atau juga Qi wireless charging 7,5W. Hanya saja, Apple tidak mengikutsertakan USB type-C adapter 20W untuk mengisi ulang baterainya karena produk tersebut dijual terpisah. Dan sebagai informasi, iPhone 12 ini tidak kompatibel dengan charger seri lama.

Dalam pengujicobaan pengisian ulang menggunakan USB tipe-C adapter, baerainya dapat mencapai 57 persen dalam 30 menit. Sedangkan dalam pengujicobaan ketahanan, baterai iPhone 12 ini mampu bertahan sampai dengan 17 jam untuk memutar video, 11 jam untuk memutar video streaming dan sampai dengan 65 jam untuk memutar musik yang tersimpan di dalam perangkat. Saat dipakai dalam mode bicara di jaringan 4G, baterainya mampu bertahan sampai dengan 10 jam 23 menit atau 8 jam 23 menit di jaringan 5G.

Kesimpulan

iPhone 12 adalah smartphone flagship terbaru Apple yang diharapkan mampu menjadi media pembantu para penggunanya dalam berbagai aktivitas. Dengan bentuk yang tidak terlalu besar dan compact, iPhone 12 sangat nyaman ketika digunakan untuk mengoperasikan aplikasi, menonton video atau bermain game. Bahkan cukup mudah dioperasikan hanya dengan menggunakan satu tangan saja. Layarnya yang berkualitas sampai dengan chipsetnya yang sangat cepat dan andal, membuat iPhone 12 menjadi idola baru di dunia mobile untuk saat ini.


Pasang Iklan Gratis @ jakartakita.com - klik iklan.jakartakita.com

Interested in writing for Jakartakita.com? We are looking for information and opinions from experts in a variety of fields or others with appropriate writing skills.
The content must be original on the following topics: lifestyle (beauty, fashion, food), entertainment, science & technology, health, parenting, social media, and sports.
Send your piece to redaksi@jakartakita.com

Open chat
1
Hello can we help you?