Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

Curug-curug Indah di Jawa Barat

3,212

Jakartakita.com – Kekayaan alam Indonesia tidak pernah bisa habis kita bicarakan. Gunung, pantai, laut, dan yang lainnya membentang indah dari Sabang hingga Merauke. Tak terkecuali di Jawa Barat. Alam yang indah juga bisa kita lihat di tiap daerah yang ada di Jawa Barat. Salah satunya adalah curug alias air terjun. Jawa Barat punya banyak air terjun yang indah.

Air terjun mana sajakah yang ada di Jawa Barat yang merupakan air terjun indah yang akan memukau mata kita? Berikut di antaranya.

1. Curug Citambur – Cianjur

Curug Citambur merupakan air terjun yang terkenal karena besar dan tingginya. Curug yang berada di kabupaten Cianjur ini memiliki ketinggian sekitar 100 meter. Sebuah jarak yang lumayan tinggi untuk ukuran air terjun. Sehingga tak heran, curug Citambur kini dikenal luas juga oleh masyarakat di luar Cianjur. Lokasi curug Citambur secara tepatnya ada di Desa Karang Jaya, Kec. Pasirkuda, Cianjur Selatan. Penyuka curug, harus datang ke tempat ini.

2. Curug Sanghyang Taraje – Garut

Curug yang satu ini bernama unik, Curug Sanghyang Taraje. Sebuah air terjun yang lokasi tepatnya ada di Desa Pakenjeng, Kecamatan Pamulihan dengan Desa Jatiwangi, Kecamatan Pakenjeng, Kabupaten Garut. Curug ini memiliki ketinggian sekitar 82 meter, dan berada di 660 mdpl. Curahan air terjun langsungnya ada 2. Sanghyang Taraje unik dan indah. Kekhasan bentuknyalah yang membuatnya terkenal. Instagramable pula sebab berada di antara perbukitan yang hijau dan membuatnya sangat asri.

3. Curug Ngebul – Cianjur

Cianjur memang kaya akan keindahan alam. Setiap waktunya ada saja objek wisata baru yang cantik, yang sayang sekali jika dilewatkan. Misalnya saja Curug Ngebul. Disebut sebagai curug Ngebul konon karena konon percikan air jatuhnya mengebul layaknya asap. Lokasi tepatnya sendiri ada di Desa Bunijaya, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Curug Ngebul ada di ketinggian sekitar 1.000 mdpl. Untuk bisa ke sana, kita harus berjalan melalui jalur terjal berupa hutan. Akan tetapi, seiring dengan semakin populernya curug ini, akses dan fasilitas menuju curug ini mengalami perkembangan. Tidak seterjal seperti sebelumnya.

Artikel Terkait
1 daripada 984

4. Curug Luhur – Cianjur

Lagi-lagi curug yang berada di Kabupaten Cianjur. Namanya Curug Luhur. Curug Luhur atau biasa juga disebut sebagai Curug Lesti. Curug yang lokasi tepatnya berada di Kecamatan Cibinong Cianjur Selatan ini juga belum diketahui banyak orang. Hanya orang-orang tertentu saja yang sudah tahu dan sudah pernah datang ke curug ini.

5. Curug Cikanteh – Sukabumi

Curug yang satu ini berada di kawasan Geopark Cileteuh, Sukabumi. Curug Cikanteh letaknya dekat dengan Curug Sodong. Lokasi tepatnya dari curug ini ada di Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Atau secara mudahnya, kawasan Ciletuh Geopark. Keindahanya sangat memukau siapa saja yang melihat. Penyuka curug, wajib datang ke sini.

6. Curug Orok – Garut

Curug yang satu ini letaknya ada di desa Cikandang, kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat. Berada di ketinggian 250 mdpl di antara lahan berbukit, sebab memang berada di kaki gunung Papandayan membuat Curug Orok sangatlah indah. Tak heran jika Curug Orok kini sudah menjadi salah satu aset objek daya tarik wisata (OTDW) lingkungan setempat.

7. Curug Malela – Bandung

Curug Malela termasuk ke dalam salah satu curug Indah yang ada di Bandung. Curug ini mempunyai ketinggian  sekitar 60 meter dengan lebar sekitar 70 meter. Lima buah jalur air terjunnya membuat Curug Malela terlihat sangat indah. Orang-orang yang pernah ke sana sering menyebut Curug Malela sebagai Niagara-nya Indonesia. Lokasi tepatnya ada di desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat.

Itu dia 5 curug indah yang ada di provinsi Jawa Barat. Meskipun sebenarnya masih banyak curug-curug lain yang tak kalah indahnya. Bagi para pencinta curug, mengeksplor alam sehingga menemukan curug baru merupakan tantangan tersendiri. Sebab mereka percaya bahwa kekayaan alam Indonesia sangatlah banyak. Masih sedikit sekali yang sudah ditemukan. Dan masih banyak di luar sana surga yang tersembunyi.

Anda menyukai curug juga? Sudahkah Anda main ke salah satu curug yang ada di atas? Jika belum, kini saatnya Anda ke sana. Pesan saja tiket Citilink di Traveloka. Anda nanti bisa ke Jawa Barat melakukan penerbangan ke Jawa Barat. Misalnya melalui Jakarta terlebih dahulu. Dijamin deh tidak akan menyesal. Tiket murah didapat, pengalaman tak terlupakan pun akan Anda dapatkan. Tapi jangan lupa, taati protokol kesehatan dengan sungguh-sungguh. Supaya kita tetap sehat, perjalanan lancar, dan jalan-jalan pun aman dan nyaman.


Pasang Iklan Gratis @ jakartakita.com - klik iklan.jakartakita.com

Interested in writing for Jakartakita.com? We are looking for information and opinions from experts in a variety of fields or others with appropriate writing skills.
The content must be original on the following topics: lifestyle (beauty, fashion, food), entertainment, science & technology, health, parenting, social media, and sports.
Send your piece to redaksi@jakartakita.com

Open chat
1
Hello can we help you?