Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

Universitas Pertamina Ajak Gen Z Promosikan Energi Baru Terbarukan Lewat Kompetisi Mural

0 1,731

Tiket Pesawat Murah Airy

foto : istimewa

Jakartakita.com – Sebuah survei global yang digagas oleh Adobe dan Harris Poll pada tahun 2020 mengungkapkan, bahwa 78 persen generasi Z (Gen Z) percaya bahwa melakukan sesuatu yang kreatif setiap hari bermanfaat bagi pekerjaan atau pendidikan akademis mereka.

Sebanyak 63 persen dari responden yang berusia 13 hingga 23 tahun tersebut, juga mengaku melakukan kegiatan kreatif setiap harinya.

Sementara itu, dalam survey yang sama, dikatakan bahwa Gen Z cenderung tidak membatasi definisi kreativitas. Meskipun lahir dan tumbuh di tengah gempuran perkembangan teknologi, nyatanya Gen Z mampu menikmati beragam jenis kesenian mulai dari seni tradisional hingga seni digital.

Dalam kaitannya dengan semangat kreativitas, 50 persen dari mereka merasa lebih kreatif ketika terlibat dalam kegiatan sosial atau sukarela yang memberikan dampak bagi lingkungan.

Menyikapi hal tersebut diatas, mural atau seni melukis di media dinding, dipilih Universitas Pertamina untuk menjadi sarana kreativitas keterlibatan Gen Z dalam mempromosikan gerakan sosial di masyarakat.

Artikel Terkait
1 daripada 1,777

“Untuk menggaet keterlibatan Gen Z dalam edukasi sosial, kami melaksanakan kegiatan Mural Art Competition for High School Students. Meskipun baru pertama kali diselenggarakan, puluhan tim siswa SMA sederajat dan para komunitas mural dari berbagai daerah di Jabodetabek dan Pulau Jawa, mendaftarkan diri,” ungkap Budi W. Soetjipto, Ph.D., Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Pertamina, dalam siaran pers, Selasa (18/1).

Dari jumlah pendaftar tersebut, lanjut Budi, sebanyak 19 tim yang terdiri dari 47 peserta, berkesempatan mengikuti seleksi final yang dilaksanakan di Universitas Pertamina pada Sabtu (15/01) lalu. Terpilih tiga pemenang berdasarkan segi estetika, makna yang terkandung dalam setiap lambang, tanda, kode, maupun tulisan pada lukisan mural.

Ketiga pemenang tersebut, adalah: Aan Gunawan yang berhasil meraih Juara 1, Tim svtn.dsgn meraih Juara 2 dan Tim Momen meraih Juara 3.

Dalam kompetisi bertema ‘Inspirasi Energi Negeriku’ tersebut, berbagai pesan positif dituangkan para peserta dalam karya mereka. Selain ajakan untuk senantiasa bijak dalam menggunakan energi, pesan lain yang juga disampaikan oleh para seniman diantaranya himbauan penggunaan energi yang lebih ramah lingkungan, edukasi terkait energi baru dan terbarukan, serta gambaran jenis dan sumber energi yang saat ini dikembangkan di Indonesia.

Kinanthi Febrian Valintina, salah satu peserta kelas XII SMKN 1 Boyolangu, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, menyampaikan apresiasi kepada Universitas Pertamina atas pelaksanaan kompetisi mural tersebut.

“Dulu, masyarakat menganggap mural sebagai suatu bentuk vandalisme. Karya yang dibuat juga cenderung menampilkan visual yang kurang elok, kadang tidak senonoh, dan bahasanya cenderung frontal. Namun kompetisi mural ini, menunjukkan penghargaan dan mengakui mural sebagai salah satu karya seni jalanan. Semoga kompetisi ini dapat kembali dilaksanakan di tahun-tahun berikutnya,” tutur peraih Juara 2 tersebut. (Edi Triyono)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Open chat
1
Hello can we help you?