Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

Universitas Pertamina Inisiasi Kegiatan Sekolah Wirausaha

0 1,006

Tiket Pesawat Murah Airy

foto : dok. Universitas Pertamina

Jakartakita.com – Dalam Rakornas Transformasi Digital dan Pendataan Lengkap KUMKM Tahun 2022, Presiden Joko Widodo menyampaikan harapannya terhadap peran generasi muda dalam perbaikan ekosistem kewirausahaan nasional melalui Peraturan Presiden (Perpres) No 2 tahun 2022 tentang Pengembangan Kewirausahaan.

Menurutnya, Perpres yang ditandatangani pada 3 Januari 2022 ini, membutuhkan dukungan semua pihak, terutama dalam hal peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Menyikapi hal tersebut, Universitas Pertamina (UPER) menginisiasi pelaksanaan kegiatan Sekolah Wirausaha.

Dalam kegiatan ini, UPER menghadirkan para pakar di bidang kewirausahaan untuk membangun semangat mahasiswa dalam melahirkan bisnis rintisan.

Kegiatan yang berlangsung secara daring ini, diisi oleh para ahli wirausaha, yaitu: President Director PT Mandiri Capital Indonesia, Edi Danusaputro; Direktur Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia, Padang Wicaksono; Co Founder & Chief Business Development Officer Binar Academy, Dita Aisyah; dan Wartawan senior, penulis, presenter televisi, sekaligus pendiri BenihBaik.com, Andy F. Noya.

Turut hadir memberikan sambutan, Sub Koordinator Kesejahteraan, Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Charoline Dewi Virasari.

Mereka berbagi kiat untuk membantu mahasiswa memulai bisnis rintisannya:

1.Mulailah dengan Riset Pasar

Dikatakan President Director PT Mandiri Capital Indonesia, Eddi Danusaputro, penting bagi calon pengusaha untuk melakukan kajian mendalam tentang produk atau jasa seperti apa yang ingin dijual ke masyarakat. Pemetaan konsumen juga harus dilakukan dengan matang. Pengusaha harus memahami karakteristik konsumen yang ingin disasarnya.

2.Hasilkan Produk atau Jasa Yang Inovatif

Artikel Terkait
1 daripada 22

Eddi melanjutkan, banyak produk dan jasa yang saat ini hadir untuk memudahkan hidup manusia namun tak laku di pasaran. “Biasanya ini terjadi karena para pengusaha muda tidak mau berevolusi atau berinovasi untuk mengembangkan produk atau jasanya. Ingatlah bahwa produk atau jasa yang akan dijual harus selalu menekankan aspek kebermanfaatan untuk masyarakat,” imbuh Edi.

3.Manfaatkan Segala Kesempatan

Direktur Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia, Padang Wicaksono, mengatakan, para pengusaha muda juga harus pandai memanfaatkan peluang kolaborasi, sinergi, dan kerjasama di berbagai jejaring komunitas. Dukungan sarana pembelajaran dan pendanaan bisnis rintisan dari kampus seperti Program Inkubasi Bisnis Universitas Pertamina misalnya, juga bisa menjadi salah satu solusi untuk mengembangkan usaha.

4.Ubah Tantangan Jadi Peluang

CoFounder & Chief Business Development Officer Binar Academy, Dita Aisyah menambahkan, dalam berwirausaha, penting untuk melihat segala tantangan yang ada sebagai peluang mengembangkan usaha.

5.Mulai Aja Dulu

Terakhir, Andy F. Noya mengajak para mahasiswa untuk memulai dengan langkah kecil. Menurutnya, akses permodalan, kemitraan, dan kolaborasi, kini terbuka lebar. Para generasi muda hanya perlu berani mengambil langkah nyata untuk memulai.

Di kesempatan yang sama, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Pertamina, Budi W. Soetjipto mengatakan, saat ini tak kurang dari 30 bisnis rintisan mahasiswa dibina oleh kampus.

“Pembinaan yang diberikan, tak hanya sebatas bantuan modal usaha. Kami juga memberikan akses kemitraan, dan berbagai pelatihan secara reguler, seperti branding, manajemen finansial, leadership, dan kelas entrepreneur seperti Sekolah Wirausaha ini,” ujar Budi, seperti dilansir dalam siaran pers, Rabu (6/4).

Menurut Budi, tak sedikit dari kelompok bisnis rintisan mahasiswa UPER tersebut yang mendapatkan bantuan akses permodalan dari pihak eksternal, misalnya dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora).

“Ada juga yang menyabet berbagai penghargaan bergengsi baik di level nasional maupun internasional. Misalnya penghargaan di Ajang Southeast Asia Startup Summit 2019,” pungkas Budi. (Edi Triyono)

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More