Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

10 NFT Termahal di Dunia, Ada yang Bernilai Rp 1,3 Triliun

0 1,626

Tiket Pesawat Murah Airy

Jakartakita.com – Non-fungible tokens atau NFT tengah naik daun. Dari karya seni, musik hingga taco dan kertas toilet, aset digital ini dijajakan di pasar. Bahkan beberapa di antaranya seharga jutaan dolar. Tapi sebenarnya apa itu NFT dan apakah memang nilainya sepadan dengan harganya?

Beberapa ahli mengatakan mereka adalah gelembung yang siap meletus, seperti dotcom yang menggila atau Beanie Babies. Meski demikian, yang lain percaya NFT akan tetap ada, dan mereka akan mengubah investasi selamanya.

Jadi apa itu NFT?

What is NFT? Melansir laman Pintu, NFT adalah aset digital yang mewakili objek dunia nyata seperti seni, musik, item dalam game, dan video. Mereka dibeli dan dijual secara online, seringkali dengan cryptocurrency, dan umumnya dikodekan dengan perangkat lunak dasar yang sama dengan banyak cryptos.

Meskipun sudah ada sejak 2014, NFT kini menjadi lebih terkenal. Hal itu disebabkan cara yang semakin populer untuk membeli dan menjual karya seni secara digital. Secara mengejutkan, nilai jual beli NFT telah mencapai USD 174 juta sejak November 2017.

NFT juga umumnya hanya satu dari tiap jenis, atau setidaknya salah satu dari proses yang sangat terbatas, dan memiliki kode pengenal yang unik.

Ini sangat kontras dengan kebanyakan kreasi digital, yang hampir selalu tak terbatas dalam persediaan. Secara hipotetis, memotong pasokan harus meningkatkan nilai aset tertentu, dengan asumsi itu dalam permintaan.

Tetapi banyak NFT, setidaknya di masa-masa awal ini, telah menjadi kreasi digital yang sudah ada dalam beberapa bentuk di tempat lain, seperti klip video ikonik dari game NBA atau versi seni digital yang disekuritisasi yang sudah beredar di Instagram.

Misalnya, seniman digital terkenal Mike Winklemann, lebih dikenal sebagai “Beeple” membuat gabungan 5.000 gambar harian untuk menciptakan NFT paling terkenal saat itu, “EVERYDAYS: The First 5000 Days,” yang dijual di Christie’s untuk rekor- memecahkan USD 69,3 juta.

Siapa pun dapat melihat gambar satu per satu—atau bahkan seluruh kolase gambar secara online secara gratis.

NFT semakin populer sepanjang 2020 dan 2021 dengan koleksi seni bernilai jutaan rupiah yang dijual sebagai jpeg digital dan beberapa influencer serta selebritis top dunia terlibat dalam aksi tersebut. Investor dan kolektor ingin terlibat dalam kegilaan blockchain terbaru dan mempertandingkan harga yang harus dibayar untuk barang-barang NFT.

Berikut 10 NFT termahal di dunia dikutip dari laman dexerto.com:

  1. ‘Pak’s ‘The Merge’ – $91,8 juta

Merge dibeli oleh 28.983 kolektor dengan total hampir $100 juta. Merge secara resmi menjadi NFT termahal yang pernah dijual pada 2 Desember 2021 dengan hampir 30.000 kolektor bergabung dengan total biaya $91,8 juta atau setara Rp 1,3 triliun lebih.

  1. Everydays: the First 5000 Days – $69,3 juta

Beeple adalah salah satu NFT paling mahal yang pernah dijual. Sepotong Beeple NFT termahal pernah dijual ke satu pemilik tunggal. Tebusan harga mahal ini bukan tanpa alasan. Karya seni Beeple sangat tinggi dan sangat dihormati di masyarakat dan karya ini pada dasarnya adalah kolase dari 5000 buah karyanya. Mulai 2007, ia berjanji untuk membuat satu karya seni setiap hari dan itulah hasilnya, Everydays: the First 5000 Days, dengan harga setara Rp 900 miliar lebih.

  1. Beeple’s HUMAN ONE – $28.985

Satu lagi karya Beeple yang laku dengan harga paling mahal sebagai barang NFT, HUMAN ONE. HUMAN ONE dijual pada 9 November 2021 dengan biaya ‘hanya’ $30 juta. Sebuah harga yang fantastis, hampir setengah triliun rupiah.

  1. CryptoPunk #7523 – $11.75 juta

CryptoPunk #7523 merupakan koleksi terlangka ketiga dan memiliki label harga yang sesuai. #7523 adalah satu dari sembilan Cryptopunk Alien. Ini adalah satu-satunya yang menggunakan masker. Pertumbuhan ekosistem NFT dan kenaikannya yang cepat ke panggung budaya global sebagian harus dikaitkan dengan penutupan dunia fisik selama COVID-19.

  1. CryptoPunk #3100 – $7.67 juta

CryptoPunk #3100 telah menjadi NFT yang sangat dicari. Ditebus pada pada 11 Maret 2021, hanya satu hari setelah CryptoPunk #7804 terjual. CryptoPunk #3100 adalah CryptoPunk paling langka ketujuh di luar sana.

  1. CryptoPunk #7804 – $7.6 juta

CryptoPunk #7804 pernah mendapat gelar CryptoPunk termahal, namun hanya sehari. #7804 adalah salah satu dari hanya sembilan CryptoPunks ‘Alien’ dengan topi, pipa, dan nuansa keren untuk boot.

  1. Beeple’s Crossroad – $6.6 juta

Beeple’s Crossroad hanyalah film pendek berdurasi 10 detik, menggambarkan orang-orang yang berjalan melewati tubuh besar yang jatuh dengan hinaan tertulis di atasnya. Karya Beeple sangat dihormati karena menawarkan sesuatu yang sedikit berbeda dari NFT biasa yang Anda lihat dan itulah mengapa harganya mahal.

  1. XCopy’s A Coin for the Ferryman – $6.034 juta

A Coin for the Ferryman’ adalah salah satu karya XCopy yang paling awal. Dibuat pada 2018, terjual lebih dari $6 juta pada 4 November 2021. Karya ini merupakan penggabungan dari coretan wajah di atas latar belakang warna-warni dengan bentuk GIF yang pasti membuatnya unik dan sesuatu yang bisa dibanggakan pemiliknya.

  1. Beeple’s Ocean Front – $6 juta

Ocean Front sebenarnya adalah karya paling mahal ketiga Beeple hingga saat ini. Beeple adalah salah satu seniman digital paling terkenal dan dihormati di dunia dan label harga pada karyanya membuktikannya. Dia memiliki tiga karya di 10 besar dengan Ocean Front menggambarkan penggabungan wadah besar, karavan, dan pohon, berdiri tegak di tengah laut.

  1. CryptoPunk #5217 – $5,59 juta

#5217 adalah satu-satunya Ape Cryptopunk yang ditampilkan dalam daftar ini. Berwujud kera dengan topi rajutan dan rantai emas. #5217 adalah salah satu Cryptopunk paling langka di pasar, peringkat ke-34 menurut rarity.tools.

Beli Aset NFT Mudah dan Aman di Pintu

Pintu adalah sebuah platform yang berfokus pada transaksi jual beli dan investasi cryptocurrency. Didirikan oleh Jeth Soetoyo pada April 2020, startup ini memiliki misi membantu masyarakat Indonesia dalam melakukan trading dan berinvestasi aset crypto.

Melalui platform Pintu, kita dapat melakukan transaksi berbagai aset crypto, seperti Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), Tether (USDT), dan lain sebagainya.

Saat ini Pintu sudah terdaftar dan mengantongi izin dari BAPPEBTI. Izin tersebut merupakan hal yang harus dimiliki perusahaan penyelenggara trading aset digital, baik itu Forex, Cryptocurrency, dan komoditi lainnya.

Jual beli dan investasi aset crypto melalui platform Pintu hanya dapat dilakukan melalui smartphone. Jadi, Anda harus menginstal aplikasinya terlebih dahulu bila ingin mendaftar dan trading aset crypto.

Proses pendaftaran akun di aplikasi Pintu dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Namun, saat ini butuh waktu 2-7 hari untuk melakukan proses verifikasi hingga akun Anda benar-benar bisa digunakan untuk transaksi.

Pembelian aset crypto melalui aplikasi Pintu bisa dilakukan dengan dana yang sangat minim, yaitu sebesar Rp 11.000,-. Investasi minimum tersebut tentu sangat terjangkau bagi semua orang.

Jika Anda tertarik melakukan transaksi jual beli aset crypto di Pintu, silahkan instal aplikasinya di smartphone Anda via Google Playstore atau App Store.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Open chat
1
Hello can we help you?