Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

Getol Transformasi Digital, Universitas Pertamina Diganjar Penghargaan Omni Education Platform of The Year

0 925

Jakartakita.com – Melansir dari laman Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Indonesia saat ini tengah berupaya melakukan transformasi digital di sektor pendidikan. Untuk segera mencapai transformasi digital, Kemendikbud Ristek telah bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk jaringan komunikasi, listrik, dan internet.

Transformasi digital pada pendidikan mulai masif terjadi ketika pandemi COVID-19 memaksa berbagai institusi pendidikan ditutup dan beralih ke metode pembelajaran secara daring. Penelitian Vladimir Kryukov dari Vladivostok State University of Economics and Service, menunjukkan bahwa pemanfaatan teknologi digital dalam kegiatan akademis dapat memperluas jangkauan ilmu pengetahuan dibanding hanya bergantung dengan pengajaran dari dosen.

Menyadari hal itu, Universitas Pertamina (UPER) getol melakukan transformasi digital sejak 2021. Alhasil, kampus besutan Pertamina itu diganjar penghargaan Omni Education Platform of The Year dari Majalah Marketeers’ dalam ajang Marketeers’ Editor’s Choice Awards 2022. Penghargaan ini diberikan kepada 23 merk, termasuk UPER yang menjadi satu-satunya institusi pendidikan yang berhasil mendapatkan penghargaan di kategori transformasi digital di bidang pendidikan.

Rektor Universitas Pertamina, Prof. I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja mengatakan, ia sangat bangga dengan pencapaian Universitas Pertamina ini. Ia juga mengungkapkan, hal tersebut didorong oleh 10 Program Prioritas Universitas Pertamina, yang salah satunya adalah program UPER Go Digital.

Artikel Terkait
1 daripada 5,823

Universitas Pertamina saat ini sedang menggencarkan program digitalisasi pembelajaran. Meskipun pembelajaran telah dilakukan secara luring sepenuhnya, kami tetap berusaha untuk mengembangkan sistem yang dapat memudahkan mahasiswa serta dosen dalam mengakses materi pembelajaran,” jelas Prof. Wirat dalam siaran pers, Minggu (23/10).

Penghargaan Omni Education Platform of The Year dinilai dari beberapa kriteria umum, yakni keunikan program, kebaruan dan fungsionalitas program, jangkauan program, dan dampak nyata bagi masyarakat. Selain itu, aspek penting lainnya yang menjadi penilaian adalah tingkat keterlibatan sekaligus pengalaman baru yang disuguhkan oleh instansi bagi masyarakat.

Direktur Sumber Daya Manusia dan Teknologi Informasi, Erwin Setiawan, S.Kom., M.I.T., menambahkan, program UPER Go Digital telah dilaksanakan sejak tahun 2021 dan sudah menghasilkan beberapa aplikasi yang dapat mendukung pembelajaran baik secara daring maupun luring. Diantaranya digital library, yakni layanan perpustakaan daring, e-learning, yaitu aplikasi untuk mengakses materi perkuliahan, dan aplikasi quiz online.

Di Universitas Pertamina, program digitalisasi tidak hanya dilakukan di ranah akademis, namun juga di ranah penunjang, seperti aplikasi pengadaan barang dan jasa, aplikasi korespondensi yang bernama ANDIN, catatan kinerja harian, dan sistem career development center bagi alumni UPER. Setidaknya terdapat 10 aplikasi yang dikembangkan dari akhir tahun 2020 hingga saat ini, dengan progress pengerjaan sudah mencapai 75%,” tambah Erwin.

Ke depannya Universitas Pertamina akan tetap berusaha mengoptimalkan seluruh digitalisasi yang sudah ada dan terus melakukan inovasi baru. Erwin menyatakan “Selanjutnya kita akan melakukan optimalisasi terhadap seluruh aplikasi digital yang sudah ada. Tentu juga akan terus melakukan inovasi untuk memudahkan segala aktivitas civitas UPER. Kemudian dilanjutkan dengan pengintegrasian seluruh aplikasi tersebut,” pungkas Erwin. (Edi Triyono)



Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More