Tips Merawat Koleksi Sepatu Agar Tahan Lama

Jakartakita.com : Salah satu koleksi wajib untuk melengkapi penampilan Anda adalah sepatu. Tak jarang orang mengeluarkan uang yang tidak sedikit demi membeli sepatu mahal sebagai koleksinya. Sungguh menjengkelkan saat mendapati koleksi sepatu kesayangan Anda rusak hanya karena kesalahan dalam perawatan.

Merawat sepatu ternyata tidak cukup mengangin-anginkannya setelah dipakai lalu menyimpannya dalam kotak sepatu saja. Agar sepatu kesayangan Anda terpelihara dengan baik dan tahan lama,  simak tips berikut ini:

Tips merawat sepatu kulit:

1. Bersihkan semua sisa debu dan kotoran yang menempel setiap kali Anda selesai mengenakan sepatu. Jika perlu basuh dengan air hangat dan keringkan dengan lap. Jangan biarkan ada sisa air yang menempel, angin-anginkan sepatu hingga kering.

2. Jangan lupa mengoleskan pelembab khusus sepatu agar tidak kering. Jika Anda tak memiliki pelembab khusus sepatu, Anda bisa menggunakan hand body lotion Anda.

3. Simpan sepatu di dalam plastik kemudian bungkus rapat, masukkan ke dalam kotak yang sudah diberi beberapa silica gel. Silica gel ini selain berguna untuk membantu mengurangi kadar air dan menjaga kelembabannya, silica gel juga berguna untuk menjauhkan koleksi sepatu Anda dari ngengat serta kecoak.

Tips merawat sepatu kulit sintetis:

1. Pastikan sepatu dalam keadaan bersih saat Anda akan menyimpan kembali pada kotak sepatu. Bersihkan sepatu dari debu dengan sikat, atau Anda bisa membersihkannya dengan lap yang agak basah. Hindari untuk mencuci langsung dengan deterjen dan air karena ini akan membuat bahan semakin rapuh.

2. Keringkan, angin-anginkan di tempat yang teduh sampai Anda yakin benar-benar kering, kemudian simpan di dalam kotak.

3. Jangan lupa menaruh silica gel.

Tips merawat sepatu kets atau kanvas

1. Pastikan Anda mencuci bersih sepatu dengan deterjen dan membilasnya dengan air yang bersih sampai sepatu tak meninggalkan busa sabun.

2. Keringkan di tempat yang sedikit ada sinar matahari dan angin supaya air cepat menguap.

3. Saat sudah kering semprot sepatu dengan antiseptik. Masukkan ke dalam kotak sepatu yang telah diberi silica gel.

Setelah dipakai dan disimpan berantian dalam waktu yang panjang, umumnya bentuk sepatu akan mengalami perubahan. Gunakan alat penyangga bentuk sepatu (shoe tree) untuk mempertahankan bentuk sepatu.  Jika biasanya Anda menyumpalnya dengan koran atau kertas sebagai pengganti shoe tree,  sebaiknya hentikan kebiasaan ini mulai sekarang, terutama untuk koleksi sepatu mahal Anda.

Sekalipun Anda menyukai salah satu koleksi sepatu Anda. Jangan memakainya setiap hari. Keringat dan kotoran dari kaki yang bersinggungan dengan sepatu akan mempercepat kerusakan sepatu. Selingi pemakaian dengan sepatu lainnya sebelum Anda memakainya kembali.

Selamat merawat koleksi sepatu kesayangan Anda! (berbagai sumber/Risma)

Comments (0)
Add Comment