Pentingnya Vitamin B Kompleks Bagi Kesehatan Saraf

Jakartakita.com: Anda ingin menjaga kesehatan saraf? Caranya mudah sekali. Anda hanya perlu memastikan kebutuhan vitamin B kompleks Anda tercukupi dengan baik, lewat makanan yang Anda konsumsi.

“Vitamin B adalah makanan yang dibutuhkan saraf untuk melindungi dan meregenerasi saraf. Saraf sangat tergantung asupan suplai vitamin B kompleks yang memadai,” tutur konsultan neurologis dari Departement Neurologi FKUI/RSCM, Dr. Manfaluthy Hakim, Sp.S(K), dalam media workshop  Neurobion di FX Jakarta, kamis (5/6/2014).

Kekurangan vitamin B1 dapat menyebabkan gangguan saraf neuropati yang menyakitkan gerakan tubuh. Berdasarkan riset, 45 persen orang tua yang tidak mengonsumsi vitamin B1 menderita neuropati.

Kekurangan vitamin B6 dapat menyebabkan peradangan pada saraf sensorik di kulit, lidah, mukosa mulut dan kelainan saraf seperti; kejang, dan depresi. Sedangkan kekurangan vitamin B12 menyebabkan rusaknya selubung mielin yang dapat menyebabkan fungsi saraf terganggu (kesemutan, mati rasa, kram, kaku-kaku). (Risma)

neuropatineurotropiksarafVitamin B Kompleks
Comments (0)
Add Comment