Film Guru Bangsa Tjokroaminoto, Persembahan Garin untuk Bangsa

Jakartakita.com – Satu lagi film nasional bertema sejarah kembali hadir di bioskop Indonesia. Kali ini, Garin Nugroho yang berlaku sebagai sutradara film mengangkat sosok Hadji Oemar Said Tjokroaminoto dalam film berjudul Guru Bangsa Tjokroaminoto. Garin menggandeng actor dan aktris ternama untuk bermain dalam film berdurasi 2 jam 40 menit ini. Sebut saja, Reza Rahadian yang berperan sebagai Tjokroaminoto, Christine Hakim, Alm. Alex Komang, Didi Petet, Maia Estianty, hingga finalis Puteri Indonesia 2011 sebagai aktris pendatang baru, Putri Ayudya.

Menurut Garin Nugroho sang sutradara, kisah hidup dan kiprah Tjokroaminoto di negeri ini masih kontekstual dengan kondisi sekarang. Situasi di luar negeri, Garut, penerapan pajak, dan hasil bumi yang sama seperti zaman kolonial, masalah tanah, dan pendidikan, mengalir dalam kisah tokoh bernama lengkap Raden Hadji Oemar Said Tjokroaminoto tersebut.

Bagi Garin, sosok Tjokroaminoto itu tafsir yang perlu diangkat. Lelaki kelahiran Ponorogo, Jawa Timur, pada 16 Agustus 1882 itu wafat pada usia 52 tahun, 17 Desember 1934 di Yogyakarta.

“Tjokroaminoto menunjukkan orang Indonesia itu hidup dalam globalisme yang tidak pernah mati,” kata Garin.

Film ini  mulai tayang di seluruh bioskop Indonesia pada tanggal 9 April mendatang.

Alm. Alex KomangChristine HakimDidi PetetGarin NugrohoGuru Bangsa TjokroaminotoMaia EstiantyPutri AyudyaReza Rahadian
Comments (0)
Add Comment