Intel Mengenalkan Teknologi Komputer Mini “Compute Stick”

foto: istimewa

Jakartakita.com – Kali ini Intel kembali mengumumkan teknologi komputer mini terbaru mereka. Komputer ini hanya seukuran jempol pria dewasa saja, dan kini dikabarkan sudah siap untuk dipasarkan.

Produk itu bernama Compute Stick. Produk ini sendiri sudah diperkenalkan pada ajang Consumer Electronic Show (CES) 2015. Ukurannya sangat mini, seperti flash disk, dan diklaim memiliki kemampuan sama seperti Personal Computer (PC) berukuran besar.

Seperti yang diberitakan CNN, Senin (6/4/2015), komputer kecil tersebut sudah dapat dipesan di beberapa situs belanja online dunia. Newegg misalnya, di situs tersebut Compute Stick dipesan dengan harga USD 150 untuk versi Windows 8 dan USD 110 untuk versi Linux.

Pada situs Newegg kedua versi Compute Stick tertulis memiliki spesifikasi sama, prosesor Intel Atom empat inti, memori RAM 2 GB dan media penyimpanan 32 GB.

Sedangkan situs Amazon dan Zones menyebutkan bahwa versi Linux memiliki spesifkasi yang lebih rendah dari Windows 8.

Sebagai informasi, Compute Stick mempunyai port HDMI 1.4a yang merupakan penghubung untuk menampilkan gambar di layar monitor. Selain itu, perangkat ini juga memiliki port USB untuk koneksi dengan keyboard atau mouse.

Spesifikasi dari komputer mini ini juga terbilang cukup tinggi. Intel Compute Stick menggunakan Intel Atom empat inti sebagai otak penggerak. Perangkat ini memiliki kapasitas penyimpanan hingga 32 GB dengan 2 GB RAM.

compute stickintelkomputer kecilkomputer minilinuxperkenalkanwindows 8
Comments (0)
Add Comment