Walikota Jakarta Timur Bakal Sulap 2 Puskesmas di Wilayahnya Jadi Rumah Sakit

foto: istimewa

Jakartakita.com – Dalam waktu dekat, Puskesmas Duren Sawit dan Jatinegara bakal disulap jadi rumah sakit tipe D. Sebelumnya, pemerintah mengubah Puskesmas Ciracas dan Kramat Jati menjadi rumah sakit. Wali Kota Jakarta Timur Bambang Musyawardhana menargetkan dua  rumah sakit tipe D akan siap beroperasi pada 2016.

Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Timur Iwan Kurniawan membeberkan kalau pemerintah sudah menganggarkan Rp 26 miliar untuk merombak dua puskesmas itu menjadi rumah sakit. Dana tersebut digunakan untuk memperbaiki fisik bangunan dan pembelian fasilitas alat kesehatan.

Tujuan peralihan status puskesmas menjadi rumah sakit, kata Iwan, karena kebutuhan ruang rawat inap di DKI Jakarta sudah melebihi kuota. Nantinya, DKI bakal punya 80 ruang rawat inap baru dari Puskesmas Jatinegara dan Duren Sawit.

Selain dukungan dana dari pemerintah, puskesmas yang bakal beralih status menjadi rumah sakit tipe D ini wajib memenuhi standar pelayanan minimum dokter. Iwan menyebutkan puskesmas wajib mempunyai dokter spesialis anak, kandungan, penyakit dalam, dan bedah.

puskesmasRSUDrumah sakit
Comments (0)
Add Comment