Hair Dryer Jadi Alat Penting Para Pemalsu Air Zamzam?

foto: istimewa

Jakartakita.com – Dari  penggerebekan pabrik air zam zam yang dilakukan oleh Polres Metro Jakarta Pusat pada Rabu (1/4/2014). Dari seluruh barang bukti yang diamankan polisi, ada empat unit hair dryer yang juga menjadi alat kerja para komplotan tersebut.

Ternyata komplotan pemalsu air zamzam tersebut menggunakan hair dryer untuk memanaskan plastik segel agar merekat sempurna.

Penggunaan segel tersebut khusus untuk kemasan botol ukuran 330 mililiter (ml). Produk yang dibanderol Rp 7 ribu itu, menggunakan tutup botol bersegel ala air mineral dan dilabeli stiker di badan botol bertuliskan zamzam water from Makkah Al Mukarommah.

Selain hair dryer, polisi juga mengamankan empat plastik tutup botol air mineral, empat plastik stiker berbagai macam label, enam stempel tanggal kadaluarsa, satu bak stempel, dua rol plastik dan rol alat press. Kepada polisi, alat-alat tersebut digunakan untuk proses labeling produk yang dilakukan secara manual.

Para pelaku mengakui kalau mereka menggunakan jasa percetakan untuk mencetak logo, stempel dan lainnya. Sedangkan untuk proses labeling, pelaku hanya menggunakan lem dan hair dryer.

Para tersangka bakal dikenai  pasal berlapis tentang perindustrian, wajib daftar perusahaan, pangan, kesehatan, perlindungan konsumen, dan kewajiban pencantuman label dengan ancaman lima tahun penjara.

air zam zamhair dryer
Comments (0)
Add Comment