Gol Coutinho Jadi Penentu Lolosnya Liverpool ke Semifinal Piala FA

foto: espn

Jakartakita.com – Gelandang serang asal Brasil, Philippe Coutinho, mencetak gol tunggal kemenangan Liverpool atas tuan rumah Blackburn Rovers dalam partai ulangan perempat final Piala FA yang berlangsung di Stadion Ewood Park, Kamis (9/4/2015) dini hari WIB. Berkat gol yang dicetak Coutinho pada menit ke-70, hasil kerjasama satu dua dengan Jordan Henderson, Liverpool lolos ke semifinal ajang tersebut dan akan menghadapi Aston Villa.

Ini adalah ke-24 kalinya Liverpool mencapai babak semifinal Piala FA. Hanya tiga tim yang mencapai babak ini lebih sering dari “The Reds”, yaitu Arsenal (27 kali), Manchester United (27), dan Everton (25).

Dalam pertandingan di Ewood Park, tak mudah bagi Liverpool untuk mencapai kemenangan meski lawan berasal dari divisi yang lebih rendah. Blackburn Rovers memang bukan lawan sembarangan, berhasil mempecundangi tim Liga Primer Inggris seperti Swansea City dan Stoke City untuk mencapai perempat final.

Liverpool mendapatkan peluang unggul pada menit ke-19, namun tembakan kaki kiri Daniel Sturridge masih terlalu tinggi dari mistar gawang. Coutinho kemudian membuat kiper Blackburn, Simon Eastwood, harus bekerja keras menepis tendangan kerasnya beberapa menit kemudian. Sebelum jeda, Glen Johnson yang melakukan overlap melakukan tendangan ke arah gawang Blackburn, namun peluang ini pun belum membuahkan hasil.

Setelah turun minum, Blackburn mendapat peluang emas mencetak gol, namun tendangan jarak jauh Tom Cairney masih bisa ditepis kiper Liverpool, Simon Mignolet. Kiper Belgia ini kemudian mementahkan sundulan Ben Marshall dari umpan tendangan sudut.

Sekitar 15 menit babak kedua berjalan, striker andalan Blackburn, Rudy Gestede, dimasukkan. Duetnya dengan Jordan Rhodes cukup merepotkan barisan pertahanan Liverpool.

Pada menit ke-70, Coutinho yang lepas dari penjagaan bek Blackburn setelah melakukan umpan satu dua dengan Henderson meluncurkan tendangan mendatar yang gagal diantisipasi Eastwood. Setelah gol Coutinho tersebut tercipta, baik Liverpool maupun Blackburn sama-sama menciptakan beberapa peluang mencetak gol.

Namun sampai peluit panjang dibunyikan, tak ada gol lagi yang tercipta. Kemenangan 1-0 “The Reds” memastikan lolosnya tim asuhan pelatih Brendan Rogers ini ke semifinal Piala FA.

 

Susunan Pemain

Blackburn Rovers

13 Simon Eastwood ; 2 Adam Henley, 4 Matthew Kilgallon, 14 Marcus Olsson, 15 Alex Baptiste (3 Tommy Spurr 80’) ; 10 Tom Cairney, 12 Ben Marshall, 17 Lee Williamson, 29 Corry Evans, 32 Craig Conway (39 Rudy Gestede 65’) ; 11 Jordan Rhodes

Liverpool

22 Simon Mignolet ; 2 Glen Johnson, 6 Dejan Lovren, 17 Mamadou Sakho (4 Kolo Touré 28’), 18 Alberto Moreno ; 14 Jordan Henderson, 21 Lucas, 24 Joe Allen, 10 Philippe Coutinho ; 15 Daniel Sturridge (9 Rickie Lambert 85’), 31 Raheem Sterling

blackburnInggrisliverpoolpertandinganpiala fasepakbola
Comments (0)
Add Comment