Santiago Mina, “Rising Star” Terbaru La Liga

Jakartakita.com – Nama Santiago Mina menjadi buah bibir masyarakat Spanyol setelah ia menyumbang empat gol dalam kemenangan 6-1 yang diraih Celta Vigo atas tamunya Rayo Vallecano di Estadio Balaidos, Minggu (12/4/2015) dini hari WIB dalam lanjutan pertandingan La Liga. Dua gol Celta lainnya dicetak Joaquin Larrivey, sedangkan gol Rayo dihasilkan Manucho.

Gol pertama Mina dalam laga ini dicetaknya pada menit ke-20, setelah berlari ke ruang kosong dan kemudian menghujamkan umpan Nolito ke gawang Rayo. Sekitar 20 menit kemudian, Mina mencetak gol keduanya setelah tendangan cungkil yang dilepaskannya gagal dibendung kiper tim tamu, Tono.

Di babak kedua, Mina mencetak gol ketiganya dalam laga pada menit ke-51, melalui tandukan menyambar umpan silang Fabian Orellana. Sedangkan gol pamungkasnya dicetak lima menit kemudian, memanfaatkan asis Nolito.

Dengan performa apik yang ditunjukkannya dalam laga Celta vs Rayo tersebut, Mina pun diperkirakan menjadi “Rising Star” Spanyol terbaru, meneruskan jejak striker-striker handal “Negeri Matador” seperti Fernando Torres dan Raul Gonzalez. Keberhasilan Mina mencetak empat gol dalam satu pertandingan La Liga mencatatkan dirinya sebagai pemain termuda yang melakukan hal tersebut di kasta tertinggi liga domestik Spanyol.

Pemuda kelahiran Vigo, 7 Desember 1995 ini mungkin masih sangat muda. Namun, tim Celta Vigo telah memberi kepercayaa untuk tampil dalam cukup banyak laga La Liga dua musim terakhir. Total, pemuda berusia 19 tahun ini telah membela Celta 41 kali dan mencetak enam gol.

Mina menjalani debut La Liga bersama Celta pada 16 Februari 2013, masuk menggantikan Iago Aspas pada menit ke-66 dalam pertandingan di kandang Getafe yang berkesudahan 1-3. Dia mencetak gol pertamanya untuk Celta di La Liga pada 16 September, dimana pertandingan itu berakhir dengan kekalahan 2-3 dari Athletic Bilbao. Gol tersebut dicetaknya saat masih berusia 17 tahun, 9 bulan, dan 10 hari.

Mengingat usianya masih sangat muda, tentunya masih sangat panjang torehan gol yang akan dibuatnya. Tak hanya sebagai striker Celta, tapi juga tak tertutup ke depannya sebagai juru gedor tim nasional Spanyol.

celta vigoLa Ligasantiago minasepakbolaspanyol
Comments (0)
Add Comment