Masih Banyak WNI Yang Terjebak di Nepal

foto: istimewa

Jakartakita.com – Gempa di Nepal menelan banyak korban jiwa. Tidak sedikit pula korban yang terjebak longsoran salju. Adapun informasi terkait jumlah Warga Negara Indonesia (WNI) yang terjebak di Nepal masih dinamis. Sampai saat ini, sebanyak 49 dilaporkan berada di daerah tersebut.

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI mencatat 34 WNI yang berada di Nepal, saat gempa terjadi. Mereka termasuk sejumlah orang yang sedang melakukan pendakian di Gunung Everest.

“Kita nggak punya perwakilan di sana. Hanya konsulat kehormatan, makanya soal data kita dinamis dari waktu ke waktu. Sampai pukul 21.30 WIB (Minggu) sebanyak 49 WNI yang ada di Nepal. Ada yang memang residen di sana dan sebagai pengunjung,” kata Wamenlu Fachir, ketika ditemui wartawan di kantornya, Senin (27/4/2015).

Wamenlu Fachir pun berharap, keluarga yang sudah dapat berkomunikasi dengan sejumlah WNI yang ada di Nepal, untuk segera memberi tahu kepada pihak Kemlu.

“Nah, di antaranya sudah ada yang bisa dan belum bisa dihubungi. Kita juga mencoba mengerahkan semua cara, termasuk misalnya ketika keluarga terkait sudah bisa berkomunikasi. Kita mohon disampaikan ke Kemlu. Jadi, termasuk keberadan mereka di mana,” jelasnya.

 

gempaKemenlunepalWNI
Comments (0)
Add Comment