Pemprov DKI Incar 159 Lokasi Pembebasan Lahan untuk RTH

foto: istimewa

Jakartakita.com – Dinas Pertamanan dan Pemakaman Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengincar 159 titik di lima wilayah DKI Jakarta yang akan dibebaskan lahannya untuk menambah ketersediaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Ibu Kota.

Menurut Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Nandar Sunandar di Jakarta, Senin (27/4/2015), mayoritas lahan yang akan dibebaskan itu terletak di wilayah Jakarta Timur, mengingat wilayah tersebut memiliki 28 persen dari total luas wilayah keseluruhan DKI Jakarta.

Pihaknya menambahkan meskipun saat ini banyak warga yang menawarkan lahannya untuk dibebaskan pemerintah, namun dirinya tidak akan serta merta menerima permintaan tersebut, dan tetap harus memperhatikan lokasi dan legal aspeknya.

Menurutnya setidaknya terdapat 9 item yang harus diperhatikan, baik itu berkaitan dengan Dinas Tata Kota, Badan Pertanahan Nasional (BPN), dan lainnya harus ditelusuri seperti misalnya sedang diagunkan atau tidak.

Mengenai harga yang ditawarkan Pemprov DKI untuk pembebasan lahan, semuanya bergantung dari luas lahan dan wilayah. Namun, Pemprov DKI sepertinya juga harus mempertimbangkan anggaran pembebasan lahan yang dipangkas dari 3,1 triliun menjadi 2,3 triliun.

Dinas Pertamanan dan PemakamanPemprov DKIRTH
Comments (0)
Add Comment