Ini Dia Agenda Puncak Aksi Buruh Besok di Jakarta

foto: istimewa

Jakartakita.com – Dalam rangka memperingati hari buruh yang jatuh pada Jumat, 1 Mei 2015, para buruh di Jakarta dan sekitarnya akan akan berkumpul di satu titik yang sama untuk orasi dan long march di pusat kota Jakarta.

Rencananya massa buruh dari berbagai daerah akan bergabung di Bundaran Hotel Indonesia (HI). Setelah itu, mereka bersama-sama akan long march dari Bundaran HI hingga Istana Negara sambil meneriakkan tuntutan. Salat Jumat bersama akan dilaksanakan di pelataran Monas.

Setelah salat Jumat, massa akan bergerak menuju stadion Gelora Bung karno untuk melanjutkan perayaan May Day hingga pukul 17.00. Dalam acara May Day Fiesta ini, ada panggung besar yang akan menghibur para buruh sambil meneriakkan yel-yel masing-masing konfederasi.

Ada juga beberapa perkumpulan buruh yang memulai long march mereka dari Patung Kuda dekat Gedung Indosat. Di sana, mereka akan menunggu rombongan buruh dari Bunderan HI untuk berjalan bersama menuju Istana Negara.

Adapun, Kepolisian Daerah Metro Jaya memperkirakan akan ada lebih dari 100 ribu buruh dari berbagai daerah datang ke Jakarta. Sebanyak 14.404 personel gabungan sudah disiapkan. Mereka terdiri dari terdiri dari 5.217 personel dari Polda Metro Jaya, 6.689 personel dari Polres, 1.597 personel dari Mabes Polri, 300 personel dari Mabes TNI, dan 601 personel dari Pemda DKI. Mereka tersebar di sejumlah titik.

Kepala Polda Metro Jaya Inspektur Jenderal Unggung Cahyono mengatakan pengamanan dilakukan secara estafet mulai dari daerah para buruh berasal seperti dari Bogor, Purwakarta dan Cikampek. Kepolisian setempat akan mengawal para buruh yang bergerak ke Jakarta sampai daerah perbatasan wilayah Polda Metro Jaya. Dari situ, Unggung mengatakan anggotanya akan melanjutkan pengawalan.

Hari Buruhlong marchMay Day
Comments (0)
Add Comment