Apa Betul Pasien Diabetes Masih Bisa Menyantap Nasi Putih?

foto: istimewa

Jakartakita.com – Fakta mengejutkan datang dari Nigeria dan Malaysia. Dipublikasikan dalam Malaysian Journal of Nutrition dan Nutrition & Food Science menyatakan bahwa, mendiamkan nasi selama semalaman tidak akan menyebabkan proses apapun, dan dapat membuat asupan nasi jadi lebih sehat bagi para pengidap diabetes, seperti dikutip dari buku Buka Fakta! 101 Mitos Kesehatan karangan Nutrifood Research Center.

Menurut penelitian dan riset yang dilakukan menyatakan bahwa, dengan mendiamkan nasi putih semalaman, kadar gula di dalam nasi akan menurun, sehingga aman untuk dimakan para pengidap diabetes.

Sementara itu, studi lain menyebutkan, bahwa nasi yang disimpan dalam suhu dingin akan memiliki pati resisten yang lebih banyak, dibanding nasi yang baru saja dimasak, sehingga dapat menurunkan nilai indeks glimeknya.

Meskipun demikian, ada penelitian lainnya terhadap subjek prediabetes, yang menyatakan, asupan nasi kemarin tidak menurunkan kadar gula darah postprandial (setelah di makan) sehingga lebih rendah dibandingkan dengan asupan nasi yang baru dimasak.

Oleh karena itu, masih butuh penelitian lebih lanjut untuk membenarkan bahwa mengonsumsi nasi kemarin benar-benar aman bagi para pengidap diabetes.

Sembari menunggu penelitian yang terbukti secara medis, maka lebih baik Anda para penderita diabetes mengganti asupan nasi dengan sumber karbohidrat lain, seperti nasi merah.

AmanApa Benar?Mengonsumsi Nasi KemarinPenderita DiabetesPenelitian lebih lanjutterbukti secara medis
Comments (0)
Add Comment