PT Pembangunan Jaya Gandeng PT INKA, Bikin Kereta LRT

dok: lightrailinks

Jakartakita.com –  PT Pembangunan Jaya berencana gandeng PT Industri Kereta Api (INKA) untuk memproduksi kereta LRT, bila berhasil memenangkan lelang proyek pengadaan kereta light rail transit (LRT).

Managing Director PT Pembangunan Jaya Frans Sunito mengatakan, alasan pihaknya menggandeng PT INKA bertujuan agar memberi kesempatan pada PT INKA membuktikan diri. Frans menilai, PT INKA sebenarnya memiliki kemampuan untuk menghasilkan kereta yang secara kualitas bisa bersaing dengan kereta produksi dari perusahaan luar negeri.

Menurut Frans, PT Pembangunan Jaya sudah menyiapkan rancangan yang nantinya akan dipesan ke PT INKA. Rancangan yang dibuat oleh PT Pembangunan Jaya adalah tiap rangkaian kereta nantinya akan terdiri atas tiga kereta, yang mana tiap satu kereta akan memiliki kapasitas sekitar 270 orang dengan waktu headway antara 7-12 menit.

Sesuai rencana Pemprov DKI. Nantinya ada tujuh koridor LRT yang menghubungkan seluruh wilayah Jakarta. Tahap pertama akan dimulai dari pembangunan rute Kebayoran Lama-Kelapa Gading (21,6 km). Untuk enam rute lainnya adalah Tanah Abang-Pulo Mas (17,6 km), Joglo-Tanah Abang (11 km), Puri Kembangan-Tanah Abang (9,3 km), Pesing-Kelapa Gading (20,7 km), Pesing-Bandara Soekarno-Hatta (18,5 Km), dan Cempaka Putih-Ancol (10 km).

LRTMRTPT INKAPT Pembangunan Jaya
Comments (0)
Add Comment