Ahok : MRT Seharusnya Sudah Dibangun Sekitar 28 Tahun Lalu

foto : jakartakita.com

Jakartakita.com – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama menilai, Mass Rapid Transit (MRT) seharusnya sudah dibangun sejak bertahun-tahun lalu, namun baru terlaksana sekarang.

“MRT itu seharusnya sudah dibangun sejak sekitar 28 tahun yang lalu. Akan tetapi, pada kenyataannya pembangunan sarana transportasi massal berbasis rel itu baru dimulai pada 2013 lalu,” kata Basuki di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (28/5/2015).

Oleh sebab itu, pria yang lebih akrab disapa Ahok itu, menginginkan agar pembangunan sektor transportasi massal di kota Jakarta dipercepat, sehingga kemacetan dapat segera berkurang.

“Masalah kemacetan yang sampai dengan saat ini belum terselesaikan itu disebabkan pembangunan sektor transportasi massal yang berjalan sangat lamban, jadi harus dipercepat,” kata Ahok.

Selain lambannya pembangunan sektor transportasi massal, dia menuturkan penyebab lain masalah kemacetan di wilayah ibu kota, yaitu kurangnya rasio jalan, sehingga tidak seimbang dengan jumlah kendaraan yang ada.

“Seharusnya rasio jalan bisa berjalan imbang seiring dengan bertambahnya jumlah kendaraan. Jadi, kalau kita punya transportasi massal berbasis rel, kemudian rasio jalan yang mencukupi, maka kemacetan pasti berkurang,” tutur Ahok.

Meskipun demikian, menurutnya, kemacetan yang terjadi di Jakarta juga tidak terlepas dari banyaknya kendaraan bermotor yang lalu lalang di wilayah Jakarta setiap harinya.

 

Basuki Tjahaja PurnamaGubernur DKI JakartakemacetanMass Rapid Transit (MRT)transportasi massal
Comments (0)
Add Comment