Pemkot Jakarta Barat Mensosialisasikan Para Warga Untuk Menanam Tanaman Produktif

foto: istimewa

Jakartakita.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat nampaknya sedang gencar menanam pohon produktif di sekitar lingkungan warga. Upaya ini dilakukan untuk mengisi lahan – lahan kosong di Jakarta Barat.

Apa yang dilakukan oleh Pemkot ini juga tidak hanya menanam, namun nantinya hasil dari tanaman bisa dimanfaatkan warga untuk kebutuhan sehari-hari.

Insani, Kepala Seksi Pertanian dan Kehutanan, Sudin Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan Jakarta Barat, membenarkan, bahwa saat ini lahan untuk bertani, khususnya di Jakarta sudah sangat minim. Ia pun berpendapat hal ini diperlukan. Agar nantinya bisa menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk memanfaatkan lahan pada masing-masing hunian mereka.

“Kami terus melakukan sosialisasi dengan mendatangi hunian masyarakat. Diharapkan mereka mau memanfaatkan lahan pada huniannya untuk menanam tanaman produktif,” papar Insani, pada hari Senin (1/6/2015).

Tanaman produktif berupa sayur-sayuran tersebut dapat ditanam dengan media pot bunga atau paralon. Insani mencontohkan, penghuni Rusun Tegal Alur, Kalideres yang telah memanfaatkan lahannya untuk menanam sayuran.

Penanaman tanaman produktif ini juga dikabarkan telah dilakukan oleh warga di RW 08, Kelurahan Duri Kosambi, Kelurahan Cengkareng Timur, RW 12, Kelurahan Keagungan.

“Hasilnya tidak hanya untuk diri sendiri, namun bisa bermanfaat bagi orang lain juga. Meski hasilnya belum seberapa kelompok tersebut sudah mendapatkan profit untuk selanjutnya mengembangkan pertaniannya sendiri,” ungkap Insani.

 

Jakarta Baratmemanfaatkan lahan kosong merekamenanam pohonmenanam tanaman produktifpemerintah kotaPemkotsosialisasikan kepada wargauntukwarga Jakarta barat
Comments (0)
Add Comment