Hari Ini, Calon Mahasiswa via SNMPTN Wajib Verifikasi

foto: istimewa

Jakartakita.com – Kalau para calon mahasiswa via SBMPTN baru melaksanakan ujian seleksi secara serentak, pada hari ini, Selasa (9/6/2015). Maka, calon mahasiswa yang diterima melalui jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) wajib melakukan verifikasi data pada hari ini di kampus masing-masing. Lalu, apa saja yang perlu disiapkan?

Pastikan Anda menyiapkan berkas berikut ini:

– Kartu peserta SNMPTN/Bidikmisi;

– Buku rapor asli;

– Ijazah atau surat keterangan lulus asli dan fotokopi yang sudah dilegalisasi oleh kepala sekolah;

– Piagam penghargaan/sertifikat asli yang diunggah dalam pendaftaran online;

– Rekening listrik dua bulan terakhir orangtua/wali;

– Pajak bumi dan bangunan (PBB) orangtua/wali;

– Kartu keluarga yang telah dilegalisasi kepala desa/lurah; dan

– Surat keterangan tidak mampu dari desa/kelurahan (khusus peserta Bidikmisi).

Seperti halnya peserta SBMPTN, calon mahasiswa yang lulus via SNMPTN dan memilih program studi seni atau olahraga juga harus melakukan verifikasi keterampilan. Ketentuan tentang tahapan verifikasi ini bisa dicek langsung di laman masing-masing PTN tujuan.

Perlu diingat, verifikasi ini wajib dilakukan dan tidak bisa diwakilkan. Jika kamu tidak hadir pada sesi verifikasi dan pengarahan di kampus tujuan, maka kamu akan dianggap mengundurkan diri. Pihak kampus juga akan menggugurkan calon mahasiswa jika pantia verifikasi menemukan ketidaksesuaian data asli dengan data yang diunggah saat pendaftaran online. Jika lulus verifikasi, maka tahapan selanjutnya adalah pendaftaran ulang atau registrasi dan pemeriksaan kesehatan.

daftar ulangSNMPTNverifikasi
Comments (0)
Add Comment