Torehan Gol Bale Bawa Wales Tundukkan Belgia

foto: espn

Jakartakita.com – Gol semata wayang winger Real Madrid, Gareth Bale, pada menit ke-25 membawa Wales menundukkan Belgia dalam pertandingan kualifikasi Grup B Euro 2016 yang berlangsung di Millennium Stadium, Sabtu (13/6/2015) dini hari WIB. Kemenangan ini membawa Wales yang berada di puncak klasemen Grup B kini unggul tiga poin dari Belgia.

Bermain di hadapan pendukung Wales, Belgia sebetulnya tampil agresif dari awal laga dan hampir mendapatkan gol lewat Christian Benteke. Namun striker Aston Villa ini gagal menyelesaikan umpan silang Dries Mertens.

Peluang kedua kemudian didapatkan “Red Devils” pada menit ke-11. Mertens memberikan umpan kepada Radja Nainggolan, tapi tembakan yang diluncurkan gelandang AS Roma berdarah Batak ini masih bisa diselamatkan kiper Wales, Wayne Hennessey.

Winger Chelsea, Eden Hazard, lalu memiliki peluang untuk mencetak gol untuk Belgia. Tapi tendangannya masih melambung di atas mistar gawang Hennessey.

Sekitar 20 menit sebelum turun minum, Wales mendapatkan gol di tengah serangan-serangan Belgia. Nainggolan gagal menghalau sebuah serangan Wales dengan sempurna, sundulannya malah mengarahkan bola kepada Bale.

Pemain berusia 25 tahun ini lalu mengontrol si kulit bundar dengan dadanya, lalu meluncurkan tendangan keras yang tak mampu ditepis kiper Belgia yang bermain untuk Chelsea, Thibaut Courtois. Gol ini merupakan gol kelima Bale dalam kualifikasi Euro 2016, dan juga gol ke-17 dalam 50 penampilan bersama Wales.

Wales hampir menggandakan keunggulan beberapa menit sebelum turun minum. Courtois gagal menahan tendangan gelandang Arsenal, Aaron Ramsey, dan bola yang tak mampu dihalau dengan baik oleh bek Belgia, Toby Alderweireld, jatuh ke kaki Hal Robson-Kanu. Striker yang bermain untuk klub Inggris Reading ini berpeluang untuk menceploskan bola ke gawang yang kosong, tapi tembakannya hanya melebar.

Tertinggal satu gol sampai masa jeda, Belgia lalu memasukkan striker Everton, Romelu Lukaku, untuk menggantikan Mertens di awal babak kedua. Lukaku menjadi target man di lini depan bersama Benteke.

Meski demikian, tak ada gol balasan yang bisa diciptakan Belgia. Wales mengakhiri laga dengan kemenangan tipis 1-0.

 

Susunan Pemain

Wales

1 Wayne Hennessey ; 2 Chris Gunter, 4 Ashley Richards, 5 James Chester, 6 Ashley Williams ; 3 Neil Taylor, 7 Joe Allen, 10 Aaron Ramsey, 16 Joe Ledley ; 9 Hal Robson-Kanu (8 Andy King 90’), 11 Gareth Bale (15 Sam Vokes 87’)

Belgia

1 Thibaut Courtois ; 2 Toby Alderweireld (16 Yannick Ferreira-Carrasco 76’), 3 Nicolas Lombaerts, 5 Jan Vertonghen, 18 Jason Denayer ; 4 Radja Nainggolan, 6 Axel Witsel, 7 Kevin De Bruyne, 14 Dries Mertens (20 Romelu Lukaku 46’) ; 9 Christian Benteke, 10 Eden Hazard

 

Hasil pertandingan Grup B lainnya:

Bosnia-Herzegovina 3-1 Israel

Edin Visca 42’, 76’, Edin Dzeko 45’+2’ (pen) ; Tal Ben Haim 41’

Andorra 1-3 Cyprus

Dossa Junior 2’ (bd) ; Nestoras Mitidis 14′, 45′ +1′, 53′

Belgiaeuro 2016kualifikasi grup bpertandingansepakbolaWales
Comments (0)
Add Comment