Tak Hormat Ketika Upacara Bendera, JK Pun Jadi Gunjingan

foto: istimewa

Jakartakita.com – Sikap Wakil Presiden Jusuf Kalla yang tidak memberi hormat saat upacara bendera mengundang gunjingan orang. Para netizen pun mempertanyakan sikap beda sendiri yang dilakukan oleh Jusuf Kalla.

Juru bicara Wakil Presiden, Hussain Abdullah, pun memberi alasan mengapa Jusuf Kalla tak bersikap memberikan hormat saat pengibaran bendera merah-putih dalam upacara peringatan HUT kemerdekaan RI ke-70 di Istana Merdeka. Hussain mengatakan sikap hormat bisa digantikan dengan sikap sempurna saat upacara.

Menurut dia, berdasarkan Pasal 20 Peraturan Pemerintah Nomor 40 Tahun 1958, saat penaikan bendera, memberikan hormat bisa dilakukan dengan meluruskan lengan ke bawah dan melekatkan tapak tangan dengan jari-jari rapat pada paha. Dalam hal ini, semua jenis penutup kepala harus dibuka, kecuali kopiah, ikat kepala, dan sorban.

Seperti diketahui, sikap serupa juga dilakukan oleh Drs. Moh. Hatta selaku wakil presiden RI saat mendampingi Presiden Soekarno di upacara bendera. Kala itu Presiden Soekarno hormat, sedangkan Wakil Presiden Moh. Hatta hanya bersikap sempurna dengan meluruskan badan.

bendera merah putihHUT RI ke-70Jusuf Kallapresiden joko widodo
Comments (0)
Add Comment