Usia 30-an Tahun Tidak Bahagia? Benarkah?

foto : istimewa

Jakartakita.com – Berapa usia Anda sekarang? Jika usia Anda sekitar 30-an tahun, sepertinya Anda sedang tidak ‘happy’ saat ini.

Setidaknya, demikian diungkapkan sebuah penelitian yang dipimpin Profesor Jean Twinge dari Universitas San Diego, Amerika Serikat, yang mengungkapkan bahwa orang dewasa di usia 30 tahun,  atau lebih tua, merasa tidak lagi sebahagia saat berusia 20-an tahun. Mereka kurang puas dengan kehidupan mereka.

Penelitian yang dipimpin Profesor Jean Twinge tersebut, menganalisis data dari awal tahun 1970-an. Hasil penelitian tersebut juga mengungkapkan bahwa mereka yang berusia 30-an tahun menekankan banyaknya perubahan dalam segala hal di kehidupannya, mulai dari tekanan keuangan atau ‘ketidakmapanan ekonomi’, sampai fakta bahwa kehidupan nyata tak seindah yang dibayangkan.

“Padahal, di semasa muda, mereka optimistis bisa menaklukkan dunia. Tapi, di usia 30-an tahun, mereka menemukan banyak tantangan yang sulit ditaklukkan,” sebut hasil studi tersebut.

Ada yang berkata, serangan informasi dari internet, setiap hari, adalah faktor yang membuat kita kewalahan. Sementara itu, yang lain mengaitkan ketidakbahagiaan dengan penghasilan yang kurang memuaskan.

“Tekanan sosial dan gaya hidup konsumtif membuat orang dewasa merasa tidak aman dalam kehidupan sehari-hari, beberapa hal jadi tidak merata, kualitas hidup cenderung menurun,” kata Benjamin Radcliff, profesor ilmu politik di Universitas Notre Dame, yang juga pernah meneliti topik ini, seperti dilansir CNN, baru-baru ini.

 

Amerika SerikatbahagiaBenjamin Radcliffhappypenelitianprofesor ilmu politikProfesor Jean TwingestudiUniversitas Notre DameUniversitas San Diegousia 30-an tahun
Comments (0)
Add Comment