Tips Belanja Online yang Tidak Bikin ‘Kantong Bolong’

foto: istimewa

Jakartakita.com – Untuk kedua kalinya, Festival Belanja Online (FBO) digelar. Tahun ini, 46 e-commerce Indonesia bergabung dengan beberapa program dalam FBO 2015. Sama seperti tahun sebelumnya, FBO 2015 juga diselenggarakan selama delapan hari mulai 25 November sampai 1 Desember 2015.

Sama seperti tahun sebelumnya, festival kali ini juga banjir promo yang bisa membuat Anda keasyikan belanja online. Kapan lagi berburu barang murah dengan diskon hingga 99 persen?

Nah, agar belanja online Anda pada festival kali ini tidak kebablasan. Berikut adalah sejumlah tips belanja online yang tidak bikin ‘kantong bolong’:

  1. Buat daftar prioritas kebutuhan. Sama seperti ketika Anda berbelanja secara konvensional di pusat perbelanjaan, anda harus menentukan prioritas kebutuhan agar tidak ‘kebablasan’ saat berbelanja. Jika tidak menentukan prioritas, salah-salah Anda tidak mendapatkan barang yang memang harus dibeli, dan malah mendapatkan barang lain yang sebenarnya tidak terlalu Anda butuhkan.
  2. Tentukan budget. Hal yang tak kalah penting dalam online shopping adalah menentukan anggaran belanja. Beragamnya produk menarik yang ditawarkan dengan harga lebih ‘miring’ akan menggoda Anda untuk merogoh kocek Anda lebih dalam, apalagi jika toko online itu memberikan kemudahan cara pembayaran dengan kartu kredit. Penetapan budget akan lebih mengontrol Anda agar tidak ‘kebablasan’.
  3. Bandingkan harga. Saat Anda merasa menyukai barang yang Anda lihat di satu toko online, tahan diri Anda untuk tidak tergesa-gesa memutuskan membeli barang. Dalam beberapa website, pasti ada banyak pilihan barang dari merek yang sama. Coba bandingkan harga dari web yang satu dengan web lainnya. Tentu saja Anda juga harus memastikan bahwa website yang menjual barang target Anda lebih murah itu juga website yang terpercaya. Anda tidak ingin tertipu hanya karena mengejar harga murah bukan?
  4. Berburulah saat senggang. Dengan berburu barang lewat online shopping saat senggang, selain Anda bisa lebih menikmati ‘the joy of shopping’. Anda juga bisa lebih logis dalam mengambil keputusan untuk berbelanja. Anda punya cukup waktu untuk menentukan prioritas kebutuhan, budget dan mencari toko online yang menjual barang berkualitas dengan harga yang lebih ‘miring’.
belanja onlineFestival Belanja Online 2015hematonline shopping
Comments (0)
Add Comment