Nonton di Bioskop, Sebaiknya Duduk Dimana?

foto: istimewa

Jakartakita.com – Bagi Anda yang suka nonton di bioskop pasti tahu persis betapa menjengkelkannya bila mendapat kursi paling depan. Makanya banyak yang memilih ‘mundur’ dan menunggu sesi pemutaran filmnya demi mendapatkan posisi duduk terbaik.

Tahukah Anda kalau posisi duduk terbaik di bioskop itu bisa dijelaskan secara ilmiah?

Nah, penjelasan berikut ini bisa dijadikan panduan bagi Anda untuk memilih posisi duduk terbaik di bioskop!

Menghindari leher pegal-pegal

 

Ingat Anda akan menghabiskan waktu minimal 90 menit ke depan untuk menonton film pilihan Anda. Itu berarti Anda butuh posisi yang nyaman agar leher Anda tidak pegal-pegal sepanjang film diputar. Berdasarkan anjuran dari Society of Motion Pictures and Television Engineers (SMPTE) di Amerika Serikat, sudut pandang penonton ke posisi paling atas layar bioskop haruslah di bawah 35 derajat. Jika hal ini sudah dipenuhi maka pegal-pegal di leher tak akan terjadi.

Jangan duduk terlalu jauh dari layar

Jika kriteria sebelumnya sebutkan bahwa posisi yang terlalu depan tak baik, maka sebaliknya posisi yang terlalu belakang pun juga tak disarankan.Jarak menonton yang terlalu jauh membuat penonton tidak fokus ke layar.

Perhatikan kualitas suara

Seperti yang kita tahu, Dolby Digital menghasilkan suara surround digital dari dua buah speaker yang diletakkan di bagian kanan dan kiri layar. Dari sini kita bisa menyimpulkan bila posisi yang paling pas untuk menikmati film adalah di bagian tengah bioskop. Namun jangan terburu-buru untuk memburu kursi di bagian tengah.

Mengambil keputusan untuk duduk di kursi paling tengah di bioskop juga adalah sebuah kesalahan. Sebab, suara yang Anda dengar di kursi paling tengah adalah suara yang netral dan cenderung tidak stereo.

Lalu mana tempat duduk terbaik untuk menonton film? Posisi yang Anda cari itu adalah deretan dua per tiga tempat duduk dengan patokan kursi paling tengah (sekitar baris C-F dan nomor kursi 8-14).

Nah, apakah Anda sudah tahu harus duduk dimana untuk jadwal nonton besok?

bangku terbaikbioskopDolby Digitalkursi bioskop
Comments (0)
Add Comment