Jakarta Jadi Tuan Rumah Tafisa Games 2016

foto: istimewa

Jakartakita.com – Jakarta bakal menjadi tuan rumah festival olahraga rekreasi dunia, Trim And Fitness International Sport for All Association (Tafisa) Games 2016. Festival olahraga rekreasi dunia ini akan digelar di Taman Impian Jaya Ancol (TIJA), Jakarta pada 6-12 Oktober mendatang.

Pemilihan Ancol sebagai venue utama dilakukan mengingat kompleks olahraga Gelora Bung Karno (GBK) akan direnovasi untuk Asian Games 2018.

Acara pembukaan Tafisa Games 2016  juga batal dilangsungkan di GBK. Panitia merencanakan pembukaan akan digelar di Stadion Patriot Bekasi, Jawa Barat. Pihak panitia juga menyiapkan Stadion Cibinong, Bogor, sebagai lokasi alternatif untuk acara pembukaan.

Perhelatan Tafisa Games 2016 diprediksi bakal menyedot perhatian wisatawan, tidak hanya dari dalam negeri tetapi juga dari luar negeri. Selain 11 ribu delegasi mancanegara, Tafisa Games ini juga akan dihadiri ratusan media lokal maupun asing.

Usai acara festival digelar, para peserta diberi kesempatan oleh panitia pelaksana untuk menikmati keindahan pariwisata di Indonesia. Sejumlah destinasi wisata sudah disiapkan untuk menyambut para peserta festival. Raja Ampat, Bunaken, Bali, Lombok, Danau Toba, dan destinasi wisata favorit di Indonesia akan menjadi paket perjalanan wisata bagi peserta.

Festival olahraga rekreasi bertaraf internasional tersebut direncanakan akan diikuti oleh 110 negara peserta dari seluruh penjuru dunia. Lebih dari 12.000 peserta akan terlibat dalam kegiatan tersebut.

Peserta yang sudah mendaftar berasal dari 52 negara dan tersebar dalam 36 kegiatan olahraga rekreasi masyarakat.

Beberapa kompetisi olahraga rekreasi yang akan digelar pada Tafisa Games 2016 di antaranya pencak silat, dansa, gateball, barongsai, layang-layang, cheerleader, olahraga tradisional anak-anak, dan lain-lain.

TAFISA atau Trim And Fitness International Sport for All Association dibentuk di Bordeaux, September 1991. Saat itu, lebih 40 negara sepakat meletakan pondasi pembentukan organisasi yang menaungi olahraga tradisional masyarakat dunia dan olahraga yang tidak dipertandingkan di Olimpiade.

Pada tahun yang sama, pengurus TAFISA mendaftarkan statuta ke pengadilan Frankfurt, Jerman, dan mulai bekerja serius mempersiapkan TAFISA World Game, sebuah olimpiade bagi olahraga masyarakat non-prestasi. Cikal-bakal TAFISA sebenarnya telah ada sejak 1960-an. Bermula dari pertemuan reguler sejumlah pemimpin yang tertarik mengembangkan olahraga masyarakat.

Pada 2012 lalau, TAFISA World Game digelar di Lithuania, dengan Siauliai sebagai kota penyelenggara. Dan, tahun ini Indonesia akan menjadi tuan rumah perhelatan festival tersebut.

BaliBunakenDanau TobajakartalombokRaja AmpatTafisa Games 2016Taman Impian Jaya Ancol
Comments (0)
Add Comment