Hujan Merata, Jakarta Waspada Banjir

foto: istimewa

Jakartakita.com –  Kepala Pengawas Bendung Katulampa, Kota Bogor, Jawa Barat, Andi mengatakan ketinggian air Sungai Ciliwung, Minggu (28/2/2016) pagi mengalami peningkatan hingga mencapai 80 centimeter. Hal itu mengakibatkan status di bendungan itu menjadi Siaga IV saat ini.

Seperti dilansir Kantor Berita Antara, menurut Andi, ketinggian permukaan air di Bendung Katulampa naik secara bertahap, dari awalnya 20 centimeter, lalu naik signifikan pada pukul 08.15 menjadi 70 centimeter. Dan ketinggian akan terus bertambah karena hujan di kawasan Puncak Bogor belum mereda.

Terkait kondisi ini, Andi mengimbau warga yang tinggal di bantaran Sungai Ciliwung untuk mewaspadai kenaikan permukaan air secara tiba-tiba. Diperkirakan dalam waktu 12 jam air akan tiba di wilayah hilir Jakarta.

Meningkatnya permukaan air Sungai Ciliwung di Bendung Katulampa, terjadi karena bagian hulu sungai yakni di kawasan Puncak diguyur hujan sejak Minggu pagi. Hujan turun merata, dengan intensitas ringan hingga sedang.

Hujan tidak hanya mengguyur kawasan Puncak, tetapi juga Kota Bogor. Hujan sudah mulai turun dari pukul 04.55 WIB, hingga pukul 08.49 mendung dan hujan sedang masih berlangsung.

Berdasarkan perkiraan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi, Dramaga, pagi hingga malam hari, wilayah Bogor akan diguyur hujan sedang hingga lebat.

Pagi hari, hujan sedang hingga lebat mengguyur wilayah Bogor, Depok, Bekasi, Karawang, Subang, Purwakarta, Cianjur dan Sukabumi.

Sore hari, umumnya berpotensi hujan ringan hingga sedang. Dan malam hari masih berpotensi hujan ringan sedang di seluruh wilayah Jawa Barat.

Bendungan katulampaJabodetabekpuncakPuncak BogorSiaga IVsungai Ciliwungwaspada banjir
Comments (0)
Add Comment