Erwin Gutawa: Almarhum Ireng Orangnya Jazz Banget!

foto: Jakartakita.com/Indah Purwati

Jakartakita.com – Berpulangnya almarhum musisi Ireng Maulana pada 6 Maret 2016 lalu tentunya menimbulkan duka mendalam bagi masyarakat Indonesia, khususnya mereka yang terlibat dalam industri musik nasional. Tak terkecuali komponis Indonesia Erwin Gutawa, yang telah mengenal lama Ireng Maulana.

“Kehilangan tokoh musik seperti beliau, sedih rasanya. Karena bagi saya Ireng adalah one of ‘Bapak Jazz Indonesia’. Dia yang berani bikin JakJazz 20 tahun lalu, dia yang mencanangkan bahwa di Indonesia harus ada Jazz Festival, dan dia sudah bisa mewujudkannya,” tutur Erwin kepada Jakartakita.com di Jakarta, Selasa (8/3/2016).

Menurut Erwin, ia mengenal dekat secara pribadi dengan Ireng. “Orangnya friendly banget, orangnya asik, suka negor duluan, ‘gak menghakimi secara musikal, sangat menyenangkan, dia Jazz banget lah,” ungkapnya.

Ireng Maulana, yang memiliki nama lengkap Eugene Lodewijk Willem Maulana, meninggal dunia di usia 71 tahun akibat serangan jantung yang dialaminya. Setelah disemayamkan di Rumah Duka Dharmais, jenazah Ireng lalu dimakamkan di TPU Kampung Kandang, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Senin (7/3/2016). (Indah Purwati)

erwingutawaIreng Maulanajazzkomponismusik
Comments (0)
Add Comment