BMKG Peringatkan Fenomena Equinox Besok

foto: istimewa

Jakartakita.com – Setelah fenomena gerhana matahari total (GMT) yang terjadi pada tanggal 9 Maret lalu. Senin (21/3/2016) besok, Indonesia akan kembali disinggahi fenomena alam lainnya yaitu fenomena Equinox.

BMKG menjelaskan, fenomena Equinox adalah salah satu fenomena astronomi di mana matahari melintasi garis khatulistiwa dan secara periodik berlangsung dua kali dalam setahun, yaitu pada tanggal 21 Maret dan 23 September.

Saat fenomena ini berlangsung, durasi siang dan malam di seluruh bagian bumi hampir relatif sama, termasuk wilayah yang berada di subtropis di bagian utara maupun selatan.

BMKG menyatakan, kehadiran Equinox tidak perlu ditakuti, meski suhu berpotensi naik. Namun, fenomena ini tidak selalu mengakibatkan peningkatan suhu udara secara drastis. Apalagi di Indonesia,  rata-rata suhu maksimal  bisa mencapai 32-36 derajat celsius.

Menurut BMKG, Equinox bukan merupakan fenomena seperti Heat Wave yang terjadi di Afrika dan Timur Tengah yang dapat mengakibatkan peningkatan suhu udara secara besar dan bertahan lama.

Sebagai gambaran fenomena equinox yang akan terjadi besok. Secara umum kondisi cuaca di beberapa wilayah Indonesia cenderung kering. Beberapa tempat seperti Sumatera bagian utara mulai memasuki musim kemarau.

Suhu udara mungkin agak lebih panas dari biasanya. Pastikan tidak terlalu banyak beraktivitas di luar rumah, dan banyak-banyak minum agar tidak dehidrasi.

BMKGequinoxgerhana matahari totalheat wavesolar eclipsesuhu panas
Comments (0)
Add Comment