Laju Rio Terhenti di F1 GP Australia Usai Tabrakan Alonso-Gutierrez

 

Jakartakita.com – Pebalap Indonesia Rio Haryanto tak menyelesaikan keseluruhan 57 putaran dalam balapan perdananya di ajang F1, yaitu F1 GP Australia 2016 yang berlangsung di Sirkuit Albert Park, Minggu (20/3/2016). Lajunya terhenti di putaran 18, usai terjadi tabrakan yang melibatkan mobil balap yang dikendarai Fernando Alonso dan Esteban Gutierrez.

Rio sebetulnya mengawali balapan dengan mulus, ia dalam putara pertamanya dapat naik ke posisi 19, dan sampai putaran enam dapat mempertahankan posisinya. Rekan setim Rio, Pascal Wehrlein, dapat melaju sampai ke posisi 14.

Di putaran 12 dari 57, Wehrlein masuk pitstop setelah sempat menempati P13. Satu putaran berikutnya Rio masuk pitstop untuk mengganti ban dari super soft menjadi soft.

Pada putaran 17, terjadi kecelakaan hebat di belokan 3. Fernando Alonso mengendarai McLaren andalannya mencoba melewati pebalap Sauber, Esteban Gutierrez. Tapi roda kanan depan McLaren yang dikendarai Alonso mengenai roda kiri belakan mobil Sauber, sehingga mobil tersebut terbanting mengenai  tembok lalu terlempar keluar jalur dan berputar-putar di udara sebelum kembali jatuh ke tanah dalam keadaan hancur. Sauber yang dikendarai Gutierrez berputar 180 derajat sebelum terhenti di lintasan.

Atas kejadian ini safety car keluar dan bendera merah dikibarkan sebagai tanda balapan dihentikan. Alonso dan Gutierrez tampak tak mengalami cedera setelah terjadinya insiden ini.

Rio sendiri masuk pitstop setelah menyelesaikan 18 putaran. Tapi ia tak melanjutkan lomba lagi setelah itu, karena MRT05 yang dikendarainya mengalami masalah driveline.

balapanf1gp australiamanor racingRio Haryanto
Comments (0)
Add Comment